Home / Berita / 5 Tips Menjadi Ibu Hebat Era Digital
Anik Yusanti, M.Pd

5 Tips Menjadi Ibu Hebat Era Digital

Anik Yusanti, M. Pd. *)

Perkembangan teknologi saat ini sungguh sangat luar biasa. Peran penting ibu di era modern sungguh sangat komplek. Ungkapan “ryosai kentro” dalam bahasa Jepang atau “alumm madrosatul ulaa” dalam bahasa Arab sungguh harus diterapkan lebih dengan membutuhkan wawasan luas seiring berkembangnya jaman. Meskipun demikian, sebagai ibu kita juga tetap menggunakan tips tips konfensional yang sudah diajarkan oleh orang tua dan kakek nenek kita jaman dahulu. Penggabungan cara modern dan konfensional inilah yg memerlukan wawasan luas seorang ibu dalam mendidik dan mendampingi tumbuh kembang anak.

Anik Yusanti, M.Pd

Anak memiliki 2 kebutuhan pokok yang harus dipenuhi orang tua terutama ibu. Kebutuhan itu adalah kebutuhan jasmani dan rohani. Dalam artikel ini saya akan memasukkan dua kebutuhan pokok tersebut pada 5 Tips Menjadi Ibu Hebat di Era Digital. Jika para ibu melakukan 5 tips ini, maka generasi hebat bangsa InshaaAllah akan bisa terwujud 5-10 tahun yang akan datang.

Berikut 5 tips yang harus dilakukan ibu ibu hebat untuk mencetak generasi cemerlang Indonesia:

1. Ciptakan kedekatan fisik dan emosinal dengan anak dari dini, bahkan dari awal kehamilan. Hal ini bisa dilakukan dengan, selalu berfikir positif, dan menjaga emosi, memperdengarkan murotal ayat-ayat suci dan mencukupi kebutuhan nutrisi saat hamil. Ketika anak mulai tumbuh, jalinlah kedekatan fisik dan emosional dengan menerima mereka, mendengarkan keluh kesah dan kesedihannya. Pelukan dan kecupan kecil pada anak sangat luar biasa efeknya dalam jiwa mereka. Mereka akan merasa memiliki hubungan baik dengan ibu dan menjadikan ibu sebagai sahabat disaat sedih maupun senang.

2. Menciptakan lingkungan yang sehat dan beradab. Memperhatikan pola makan, istirahat, kesehatan dan kebersihan anak sangatlah penting untuk membuat mereka nyaman. Berusahalah agar pengaruh teknologi terutama gadget tidak mempengaruhi pola tersebut sehingga  bisa berakibat fatal bagi kesehatan dan kecerdasannya. Sampaikan aturan-aturan tersebut dengan kelembutan sehingga suasana riang, tenang dan tenteram dalam keluarga tidak terganggu.

3. Tumbuhkan kepedulian, perhatian dan penghormatan pada anak sejak dini. Jangan hanya mampu memfasilitasi tapi kita kehilangan kontrol pada anak setelahnya. Pengawasan anak dalam pemakaian internet harus ada dengan memperhatikan kaidah penghormatan di dalamnya. Jangan melakukan kontrol yang otoriter terhadap anak.

4. Membuka wawasan lebih luas dan menjadi contoh baik bagi anak. Jangan sampai kita sebagai ibu lebih gaptek dari anak kita dan tidak bisa menjadi contoh yang baik. Bimbing mereka menggunakan internet yang bijak dan mampu mengambil manfaat dari penggunaannya. Serta selalu memperbarui wawasan.

5. Gunakan pendekatan psikologis, pendekatan dari hati ke hati dengan lemah lembut. Karena anak memiliki hati yang lembut dan selalu ingin diperlakukan baik. Rangkullah anak-anak menjadi sahabat dalam berbagi. Buatlah mereka nyaman dan dipercaya dalam menggunakan fasilitas yang diberikan orang tua.

Demikian 5 tips singkat menjadi ibu hebat di era digital. Semoga bermanfaat bagi para kartini modern saat ini dalam mendidik dan mendampingi tumbuh kembang anak.

 

*) Sekretaris Ikatan Guru Indonesia Kutai Timur

 

Leave a comment

About Harian Kutim

Check Also

Gelar aksi tolak UU MD3, ini tuntutan PC PMII KUTIM

Pengurus cabang Pergerakan mahasiswa islam indonesia (PMII) kabupaten kutai timur gelar aksi tolak UU MD3 …

Persatuan perawat kutim gelar seminar dan workshop

Sangatta- bertempat di ruang meranti, kantor bupati kutai timur, persatuan perawat nasional (PPNI) cabang kutai …

Natal: Cinta itu Anugerah, Maka Berbahagialah

SANGKULIRANG. Perayaan Ekaristi Natal kedua di Stasi St. Matius, PT. Etam Bersama Lestari (EBL) pada …

Leave a Reply

%d bloggers like this: