Home / Politik / Didampingi Hasdam, Wali Kota Rizal Effendi resmi daftar cawagub

Didampingi Hasdam, Wali Kota Rizal Effendi resmi daftar cawagub

Samarinda – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Timur menerima berkas pendaftaran calon Wakil gubernur nomor urut 1 Rizal Effendi untuk menggantikan mendiang Nusyirwan Ismail yang meninggal pada Selasa( 26/2).

Berkas pendaftaran Cawagub Rizal Effendi diserahkan tim pemenangan An-Nur di kantor KPU Kaltim, Jalan Basuki Rahmad Samarinda, Sabtu.

Selain Calon Gubernur Andi Sofian Hasdam sebagai pasangannya, penyerahan berkas tersebut juga dihadiri pengurus Partai Golkar dan Nasdem sebagai partai pengusung, di antaranya Ketua DPW Nasdem Kaltim Harbiansyah Hanafiah dan Plt Ketua DPD Golkar Kaltim Mukhtaruddin.

Turut hadir pula Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni yang juga istri dari cagub Andi Sofyan Hasdam dan Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas`ud, serta puluhan kader dan simpatisan partai.

Setelah dilakukan pemeriksaan, Ketua KPU Kaltim Muhammad Taufik mengatakan bahwa secara umum berkas pendaftaran sudah dinyatakan lengkap.

“Tiga hari ke depan kami akan melakukan verifikasi dan kemudian paling lambat seminggu kami akan mengumumkan apakah berkas tersebut memenuhi syarat atau tidak,” katanya.

Komisioner KPU Kaltim Ida Farida Ernada menambahkan, setelah pendaftaran ini, cawagub Rizal Effendi juga wajib menjalani tes medis dan kejiwaan yang dijadwalkan Senin (5/2) di RSUD AW Sjahranie Samarinda, dan sehari berikutnya tes psikologi.

Terkait pencetakan alat peraga kampanye, Komisioner KPU Kaltim Mohammad Syamsul menegaskan bahwa pencetakan alat peraga kampanye (APK) pasangan nomor urut 1 Andi Sofyan Hasdam-Nusyirwan yang menjadi tanggung jawab KPU sudah telanjur tercetak sekitar 20 persen, sehingga sisanya akan dicetak dengan gambar pasangan baru.

“Namun demikian, KPU tetap memberikan kesempatan kepada paslon nomor 1 untuk menambah sendiri kebutuhan kampanyenya sebanyak 150 persen dari yang kami cetak,” jelas Syamsul.

Sementara itu, Komisioner KPU Kaltim Viko Januardy menambahkan, dengan adanya perubahan calon untuk pasangan nomor satu, maka secara otomatis juga harus mengubah rekening dana kampanye yang telah dilaporkan ke KPU.

“Kami minta timses segera melengkapi rekening dana kampanye yang baru dan kalau bisa setelah penetapan rekening tersebut sudah dilaporkan ke KPU,” tegasnya. (*)

Source Antara

Leave a comment

About Harian Kutim

Check Also

PSI: DPR STOP HAMBURKAN UANG RAKYAT!

Jakarta. Partai Solidaritas Indonesia menemukan bahwa selama ini telah terjadi pemborosan dan penghamburan uang rakyat …

Datang Ke Ponpes Minhajuth Thulaab, Jaang-Ferdi Diminta Perhatikan Pendidikan Islam di Kaltim

Calon Wakil Gubernur Kalimantan Timur Awang Ferdian Hidayat (AFH) (2/6), menghadiri undangan acara peringatan Nuzul …

Polemik Dukungan Sesepuh Terhadap DERAZS, Sekretaris PKDP Kota Sawahlunto Angkat Bicara!

SAWAHLUNTO – Menyikapi pemberitaan Koran Harian Singgalang, kemarin (6/3/2018), yang berjudul ‘Pilkada, PKDP Sawahlunto Netral’, …

Leave a Reply

%d bloggers like this: