Home / Kaltim/Kaltara / Kutim bersaing dengan 9 Kabupaten/Kota menuju OSN Nasional di Kota Padang

Kutim bersaing dengan 9 Kabupaten/Kota menuju OSN Nasional di Kota Padang

Samarinda-Pembukaan Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP/MTs Tingkat Provinsi yang berlangsung pada malam Jumat, 20 April 2018 di gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Timur. Disdik Kabupaten Kutai Timur mengirim 9 siswa dan siswi terbaik yang berasal dari 6 kecamatan yang berada di wilayah Kutai Timur ke Samarinda untuk mengikuti seleksi tersebut. Sebanyak 9 siswa Kutim akan bersaing untuk 3 mata pelajaran, yakni Matematika, IPA serta IPS. Untuk 1 mata pelajaran diwakili 3 siswa. Matematika diwakili Muhammad Aqila dari SMP YPPSB Sangatta, Rofid Hasyim Ramadhan dari SMPIT Daarusalaam Sangatta Utara dan Sidik Mulyadi dari SMP Negeri 3 Kaubun. Mata Pelajaran IPA yakni Thesya Angelina Paendong dari SMP Negeri 2 Bengalon, Asrul Nizam dari SMP Karya Nusa Lestari Telen, Ervina Damayanti dari SMP Negeri 1 Teluk Pandan. Mata Pelajaran IPS diwakili Anisa Julianti daei SMP Negeri 2 Muara Wahau, Febrian Rinaldhy Ruma dari SMP Negeri 1 Sangatta Utara serta Sandrina Agatha Sinaga dari SMP YPPSB Sangatta Utara.

Siswa-siswi Kutim ini akan bersaing dengan peserta yang berasal dari kabupaten/kota yang ada di wilayah Kalimantan Timur, yaitu Kota Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kabupaten Paser, Kukar, PPU, Berau, Kutai Barat, dan Mahakam Ulu. Masing-masing kabupaten/kota mengirimkan 9 siswa dan siswi terbaik hasil seleksi tingkat kabupaten/kota. Sebanyak 90 siswa yang terbagi atas masing-masing 30 siswa/siswi untuk 3 kategori, yaitu IPA, Matematika, dan IPS mengikuti seleksi tingkat provinsi yang berlangsung di gedung asrama 4 LPMP Kalimantan Timur.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid PLS pada malam pembukaan seleksi OSN SMP/MTs,

“Tujuan diadakannya seleksi OSN tingkat provinsi secara makro adalah sebagai sistem untuk menyaring siswa dan siswi yang memiliki bakat-bakat dalam bidang IPA, Matematika, IPS. Kemudian siswa dan siswi tersebut akan dibina secara berkelanjutan untuk dipersiapkan mengikuti event tingkat nasional.
Berprestasi, berkompetensi dan belajar menghargai kekuatan dari kabupaten lainnya adalah tujuan lainnya dari pelaksanaan kegiatan seleksi OSN ini.”
Pesan dari Kadis Pendidikan Provinsi adalah, “berlombalah dengan penuh semangat untuk menunjukkan prestasi terbaik, terindah, jadilah siswa dan siswi yang jujur dalam berkompetensi.”

Pelaksanaan seleksi tingkat provinsi ini serentak di 34 Provinsi di Indonesia. Untuk Indonesia bagian Barat, pelaksanaannya pukul 08.00, Indonesia bagian Tengah pada pukul 09.00 dan Indonesia bagian Timur tepat pada pukul 10.00.

“Siswa-siswi peserta seleksi di seluruh provinsi akan di rangking. Sebanyak 64 peserta yang memiliki nilai tertinggi akan berkompetensi di tingkat nasional pada tanggal 1-7 Juli mendatang, di Kota Padang. Untuk Kalimantan Timur, tersedia 4 kuota bahkan bisa lebih apabila dari 90 peserta yang ikut seleksi besok ada yang berada di peringkat 1-64. Namun apabila tidak ada yang terjaring, maka hanya akan dipilih 4 peserta yang memiliki nilai tertinggi untuk dikirim ke Padang.

Pengumuman hasil seleksi besok akan diumumkan di website dinas provinsi pada tanggal 30 April 2018,” ungkap Kasie Kurikulum Dinas Pendidikan Provinsi selaku ketua panitia seleksi OSN.

By Rasyuni

Leave a comment

About Harian Kutim

Check Also

Setelah Kirab, Erau Adat Kutai dan EIAF 2018 Digas Makin Kece

KUKAR – Kehebohan kirab budaya Erau Adat Kutai dan EIAF 2018 berlanjut ke Stadion Rondong …

Ketua ISNU: Anaknya orang NU, Masuknya PMII

Samarinda, Pengurus Wilayah Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kalimantan Timur menggelar konferensi wilayah ISNU di …

Berau Tetapkan 30 Event Masuk Kalender Pariwisata 2018

BERAU – Pemerintah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, sudah menetapkan 30 agenda wisata dan budaya yang …

Leave a Reply

%d bloggers like this: