http://wp.me/a8lLAR-1H3
Home / Wisata / Mengenal Pantai Sekerat

Mengenal Pantai Sekerat

Keindahan Pantai Sekerat Bengalon, Kutai Timur

HARIANKUTIM.COM – Pantai sekerat merupakan salah satu pantai unggulan yang ada di Kabupaten Kutai Timur yang memiliki panjang garis Pantai Kurang lebih 3 km. Selain itu di pantai ini juga memiliki panorama yang indah dikarenakan berada di sebelah gunung sekerat yaitu gunung kapur. Pantai Sekerat berjarak tempuh sekitar 2 jam dari sepaso, pusat kecamatan Bengalon. Untuk sampai ke pantai sekerat, Anda dapat menggunakan jalur darat, dari pusat kecamatan Bengalon. Sepanjang jalan Anda akan lalui jalan tanah berbatu merah, dikanan kiri terdapat hutan yang kemarin gundul setelah kebakaran akibat pembakaran di musim kemarau panjang sudah mulai ditumbuhi rumput. Anda juga akan melalui 4 pos security tambang batubara dari perusahaan PT. PIK.

Pantai sekarat yang sunyi pada hari biasa, bisa menjadi lautan manusia di hari libur lebaran dan tahun baru. Pantai yg kurang terkenal ini, ternyata memiliki harta karun tersembunyi. Kegiatan mencari kerang-kerangan yang terhampar di tepi pantai, akan menjadi sensasi tersendiri bagi anda yang hobi dengan biota laut.

Tidak jauh dari bibir pantai terdapat rumah-rumah warga, dimana sebagian besar dari warga menggunakannya sebagai warung makanan dengan menjual makanan yang cukup beragam. Bahkan di hari libur lebaran dan tahun baru, hampir seluruh warga sekerat berganti profesi menjadi pedagang makanan dan minuman. Jadi anda tidak perlu khawatir kelaparan dan kehausan di pantai ini. Makan dan minum sambil menikmati pemandangan indah di pantai sekerat dapat membuat anda melupakan segala kepenatan dihari kerja.

Makin ke timur sepanjang pantai sekerat akan anda dapati sungai-sungai kecil yang bermuara ke laut, bahkan, ada diantara sungai-sungai itu, tidak terjadi percampuran antara air sungai dan air asin.
Makin ke barat Anda akan dapatkan pemandangan pengisian batu bara ke kapal pengangkut batu bara.
Untuk oleh-oleh, anda bisa membawa pulang kerajinan dari kerang-kerangan yang dibuat oleh warga sekerat, kerang-kerangan itu mereka olah menjadi bunga, hiasan dinding yang sangat cantik.

Bagi Anda yang suka dengan yang manis-manis, anda juga bisa membawa pulang gula merah hasil olahan warga sekerat yang mereka olah dari pohon aren. Gula merah sekerat ini memiliki rasa yang pas. Tidak asin juga tidak pahit. Jika anda beruntung, anda juga akan mendapatkan dampok wanyi. Dampok wanyi diolah dari buah wanyi yang merupakan buah khas Kalimantan. Karena wanyi merupakan buah tahunan, maka anda hanya akan mendapatkannya ketika musim pohon wanyi berbuah. Makin penasaran dengan pantai sekerat? Ayo ramai-ramai kunjungi pantai sekerat.

Citizen journalism oleh Siti Raoda

Leave a comment

About Harian Kutim

Check Also

Terminal 2 Soetta Paling Siap Terapkan Low Cost Carrier Terminal

JAKARTA – Menteri Pariwisata Arief Yahya terus mendorong keberadaan Low Cost Carrier Terminal (LCCT) di …

Setelah Kirab, Erau Adat Kutai dan EIAF 2018 Digas Makin Kece

KUKAR – Kehebohan kirab budaya Erau Adat Kutai dan EIAF 2018 berlanjut ke Stadion Rondong …

Luar Biasa, 10 Negara Akan Tampil di Bandung International Art Festival

BANDUNG – Bukan Bandung namanya kalau tidak kreatif. Kota Kembang selalu mampu menghadirkan beragam kejutan. …

%d bloggers like this: