Home / Kaltim/Kaltara / Pembukaan Pelatihan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Pembukaan Pelatihan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Samarinda, Sabtu 5 Agustus 2017 di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda. Ada dua paket keahlian yang di pelatihankan yaitu Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Hadir Kepala Sekolah SMK Istiqomah Muhammadiyah 4, Ketua Majlis Dikdasmen Propinsi Kaltim, Dinas Pendidikan bagian GTK, Instruktur, Wakil dari P4TK BMTI Bandung, Panitia dan peserta diklat guru SMK se- Kaltim.

Di awali dengan pengarahan dari Kepala Sekolah SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda Ibrahim, ST memberi penjelasan teknis dan ucapan selamat datang kepada peserta diklat dan instruktur serta tamu dari P4TK BMTI Bandung. Dengan harapan agar diklat ini memberi manfaat sesuai tujuannya.

Peningkatan kualitas, meningkatkan inovatif dan kreatif guru. Dari Majlis Dikdasmen Wilayah Kaltim Smak Abbas berharap agar sekolah negeri maupun swasta di beri kesempatan sama dalam kesempatan untuk pengembangan kompetensi guru Kaltim dan sangat mensupport kegiatan ini sekaligus merupakan penghargaan buat kami dari jajaran majlis Muhammadiyah” ungkapnya.

Lanjut sambutan dan sekaligus membuka acara. Dinas Pendidikan Propinsi Kaltim yang diwakili oleh Bagian GTK Drs. Karim. MM. Menyampaikan beberapa hal termasuk kaitan dengan karier guru adalah lingkup GTK. Pemerintah saat ini kedepan akan merasionalisasi sekolah SMK. Maka jika sekolah membuka jurusan harus menganalisa kebutuhan guru. Analisa kebutuhan guru tidak tercukupi maka konsult ke bagian GTK Propinsi dulu. Kedepan fokus mengajar di satu sekolah. Sekolah swasta pengembangan pembelajaran krn sekolah tidak ada lagi kasta. Di daerah Indonesia Bagian Barat atau daerah wilayah Jawa kelengkapan prasarana dari sekolah swasta lebih berkembang dan lengkap. Seperti halnya SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda. Pengembangan sekolah ini menelan biaya 4.5 Milyar sebelum krismon. Sebagai tambahan sebaiknya kita menjadi guru menyenangkan. Mengapa Diklat PKB sangat berhubungan karier, karena ukuran kompetensi bisa dilihat dari hasil UKG. Diklat PKB inilah diharapkan kedepan lebih berkembang dan membantu peningkatan kompetensi guru. Berharap setiap tahun guru bisa mengupdate ilmunya minimal sekali setahun atau satu semester. Sebagai contoh Juara LKS Nasional dari sekolah swasta. Kaltim pernah masuk nominasi Nasional. Tetapi tdk berkelanjutan. Hanya sekali saja muncul. Apa sebabnya? Inilah filosofi diklat PKB pengembangan profesi berkelanjutan sangat diharapkan guru serius.

Penyampaian kebijakan Kebijakan dari P4TK BMTI Bandung Aam. Yang mendasari kegiatan ini adalah diamanatkan oleh UU no. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen guru memilki hak dan kewajiban untuk pengembangan dirinya. Hasil UKG tahun 2015/2016 inilah maka ada diklat PKB. Presiden Joko Widodo peduli dengan peningkatan kompetensi guru.
Pengembangan profesi guru sangat perlu karena guru sebagai ujung tombak memajukan pendidikan Nasional. Harus memperkuat kompetensinya. Guru mengukir anak bangsa ke depan. Diklat bukan kewajiban Pemerintah. Tetapi kewajiban guru juga.

Peserta diklat berjumlah 40 guru yaitu 17 dari Sepeda motor dan ada 23 Teknik Kendaraan Ringan. Ada tiga hal pesan titipan Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy pertama, tentang kompetensi guru. Bicara kompetensi ada dua hal untuk profesi guru yaitu diberi kemampuan dan punya SIM (kewenangan). Kedua, adalah pendidikan budaya karakter. Penguatan Pendidikan dalam pembelajaran. Karakter terbentuk dari kegiatan berulang-ulang. Kegiatan berulang-ulang maka timbul kebiasaan. Inilah harapan agar terbentuk karakter siswa yang baik sebagai bekal generasi penerus bangsa. Ketiga, adanya program Kartu Indonesia Pintas (KIP) tidak ada alasan anak Indonesia tidak mengecap pendidikan. “Terakhir ini penting bagi peserta dikat tetap sama jumlahnya awal sampai akhir kegiatan” tutupnya. (Anra /Nala)

Leave a comment

About Harian Kutim

Check Also

Setelah Kirab, Erau Adat Kutai dan EIAF 2018 Digas Makin Kece

KUKAR – Kehebohan kirab budaya Erau Adat Kutai dan EIAF 2018 berlanjut ke Stadion Rondong …

Kutim bersaing dengan 9 Kabupaten/Kota menuju OSN Nasional di Kota Padang

Samarinda-Pembukaan Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP/MTs Tingkat Provinsi yang berlangsung pada malam Jumat, 20 …

Ketua ISNU: Anaknya orang NU, Masuknya PMII

Samarinda, Pengurus Wilayah Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kalimantan Timur menggelar konferensi wilayah ISNU di …

Leave a Reply

%d bloggers like this: