Home / Teropong Desa / PERUSAHAAN SISWA BINAAN PT. KPC MEYULAP SANDAL BEKAS MENJADI ROBOT

PERUSAHAAN SISWA BINAAN PT. KPC MEYULAP SANDAL BEKAS MENJADI ROBOT

SMA Negeri 1 Rantau Pulung melaunching perusahaan siswa (student company) generasi ke-10 di gedung pertemuan SMA Negeri 1 Rantau Pulung, sabtu 03/03/2018. Perusahaan di bawah binaan PT. KPC yang sebelumnya bernama Evergreen Student Company ini kemudian berubah menjadi Recycraft Student Company. Sesuai dengan namanya, perusahaan siswa ini berkonsentrasi (concerns) pada masalah lingkungan hidup.

Anggota Recycraft Student Company berjumlah 12 orang terdiri dari Alfi Syahriar sebagai President Director, Nurul Hikmah (Vice President of Production), Sulis (Vice President of Marketing), Waltridus Diu (Vice President of Human Resource Development), Hesti (Vice President of Finance), dan Iis Herlina menduduki Vice President of Public Relation. Tiap-tiap wakil president director mempunyai anggota masing-masing dengan fungsi dan tugas sesuai dengan jabatanya.

Launching Recycraft Student Company dihadiri oleh pihak sekolah dan perwakilan perusahaan PT. KPC selaku pembina Student Company di Kabupaten Kutai Timur. Perusahaan siswa binaan PT. KPC melalui lembaga PRIMA (Pemuda Inspirasi Masyarakat) ini di desain layaknya perusahaan sungguhan dengan keunggulan produk masing-masing Student Company. Patra Hadi yang merupakan perwakilan dari PT. KPC menyampaikan tujuan dari pembinaan perusahaan siswa ini adalah untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi peserta didik.

Produk utama Recycraft Student Company yang dihasilkan oleh Divisi Production dalam rapat Business Plan berupa daur ulang sandal bekas tidak terpakai diubah menjadi aneka macam jenis robot. Dasar pemilihan produk ini adalah kaitanya dengan masalah lingkungan hidup berupa sampah. Sampah sandal yang selama ini belum di kelola dengan baik, kemudian diubah menjadi barang bernilai ekonomis berupa produk aneka macam robot.
Untuk mendapatkan modal usahanya, Recycraft Student Company menjual lembar saham sebanyak 30 lembar. Penjualan lembar saham ini dilaksanakan pada saat acara launching berlangsung. Harga per lembar saham Rp. 13.887,- jadi jumlah modal yang digunakan untuk produksi robot Rp. 416.600,-. Lembar saham ini akan dibagikan kembali kepemilik modal ditambah dengan bagi hasil keuntungan. Pengembalian modal dan bagi hasil keuntungan ini diserahkan pada akhir tahun setelah liquidasi Recycraft Student Company.

Rohadi yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah menjadi pembimbing Recycraft Student Company mengungkapkan keunggulan dari produk robot adalah bahan baku yang mudah dan murah didapatkan bahkan tanpa keluar modal kecuali untuk alat pembuatanya. Pangsa pasar yang dibidik pun cukup menjanjikan terbukti beberapa hari setelah launching sudah banyak pemesanan khususnya bagi ibu-ibu yang mempunyai anak laki-laki. Harga satu buah robot dijual mulai harga Rp. 50.000,-.”Sambil berjalan kami akan melakukan innovasi produk dari sandal bekas untuk memperluas sasaran pembeli”, imbuh Rohadi.

Disela-sela acara launching Recycraft Student Company Patra Hadi menegaskan kembali tujuan dari perusahaan siswa ini tidak hanya semata-mata untuk menang dalam kompetisi perusahaan siswa tingkat Regional Kutai Timur maupun tingkat Nasional, akan tetapi lebih menekankan pada penumbuhan jiwa kemandirian melalui kewirausahaan. Drs. Untung selaku Kepala SMAN 1 Rantau Pulung juga sependapat dengan Patra Hadi bahwa kegiatan Recycraft Student Company ini diharapkan bisa menjadi sarana bagi peserta didik untuk mengembangkan minat bakatnya dalam dunia usaha. Drs. Untung berpesan agar ilmu kewirausahaan yang didapatkan bisa menjadi bekal untuk kehidupan masa depan yang lebih baik. Drs. Untung juga mengapresiasi program kewirausahaan yang digelontorkan oleh KPC melalui Lembaga PRIMA (Pemuda Inspirasi Masyarakat) di SMA Negeri 1 Rantau Pulung. (Bambang/Nala)

Leave a comment

About Harian Kutim

Check Also

MWCNU Kongbeng Tekankan Pentingnya Relasi antara NU dan Banom

Majelis Ta’lim Kliwonan yang diinisiasi oleh Ranting Muslimat Marga Mulia Kec. Kongbeng yang dihelat di …

Halal Bihalal Majelis Ta’lim Ulul Albab UPT Pendidikan Kec. Kongbeng Hadirkan Da’i Muda Rantau Pulung

Kongbemg. Memulai kegiatan rutin bulanan Majelis Ta’lim Ulul Albab UPT Pendidikan Kec. Kongbeng menggelar Halal …

MWC NU Kecamatan Kongbeng Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Sekretariat

Kongbeng, Majelis Wakil Cabang (MWC) Kecamatan Kongbeng melakukan peletakan batu pertama pembangunan kantor MWC Nahdlatul …

Leave a Reply

%d bloggers like this: