Home / Editorial / Seminar Kesehatan; Tips Hidup Sehat Guru Besar Gerontologi

Seminar Kesehatan; Tips Hidup Sehat Guru Besar Gerontologi

Prof. Dr. Drg. Tri Budi W Rahardjo, MS (sebelah kiri), dr Ade Hashman Sp.An (kanan)

Sangatta – LSM Oase bekerja sama dengan PT. Kaltim Prima Coal menyuguhkan seminar dengan tema “mempersiapkan hidup berkualitas di sepanjang daur kehidupan”, kegiatan yang dihadiri 200an peserta ini digelar di Gedung Wanita, Komplek Perkantoran Bukit Pelangi Kabupaten Kutai Timur, Selasa, (21/2/2017).

Seminar kesehatan yang bertajuk “Hidup berkwalitas di disepanjang daur kehidupan” ini bertujuan mengenal dan memahami bagaimana konsep mempersiapkan hidup yang berkualitas, sebagai bentuk mewujudkan bangsa yang tangguh dan berkarakter menjadi tanggung jawab setiap warga negara.

Salah satu pemateri seminar kesehatan dr. Ade Hashman Sp.An, salah satu dokter spesialis Kutai Timur yang didaulat sebagai salah satu pemateri mengungkapkan bahwa kesehatan merupakan hal yang fundamen dan sangat penting, mengingat kesehatan merupakan harta yang paling mahal. Perlunya untuk menelisik seluruh elemen gaya hidup sehari-hari.

“untuk mencapai kualitas maksimal dalam hidup kesehatan adalah fundamen mutlak. Dan untuk mencapai kualitas kesehatan yang sempurna kita harus menelisik seluruh elemen gaya hidup kita sehari-hari yang sesuai dengan diktum hidup sehat. Tujuh puluh lima persen kesehatan dipengaruhi gaya hidup dari pilihan-pilihan kita sehari-hari” Ujar dokter spesialis anastesi, yang juga penulis buku Kitab Akhir Hayat dan Rahasia Kesehatan Rasulullah ini.

Kehadiran pemateri dari Center for Aging Study Indonesia, Prof. Dr. drg. Tri Budi W Rahardjo, MS membuat seminar kesehatan menjadi lebih menarik. Pemaparan tentang bagaimana memaksimalkan usia tua dengan kemanfaatan dengan tetap berada dalam kondisi sehat dan produktif, menjadi bahasan utama yang disampaikan.

Ditanya peserta apa tips hidup sehat yang telah dijalani, meski telah memasuki jelang usia 72 tahun, profesor masih energik, penuh vitalitas, dan semangat membagi ilmu dan inspirasi buat masyarakat. Berikut tips hidup sehat dari guru besar Gerontologi.

Pentingnya menanamkan suasana dialogis dan religius untuk mensyukuri apa yang telah diberikan allah kepada hambanya, pun demikian dengan gemar dan rajin bersilaturahmi.

“Dalam rumah, saya tanamkan suasana religius terutama nilai-nilai seperti gemar bersilaturrahim dan memsyukuri kehidupan” ujar profesor memulai membuka rahasia tips hidup sehat.

Lanjut profesor, pentingnya pendidikan dalam keluarga, yaitu orang tua mendorong anak-anaknya untuk sekolah yang setinggi-tingginya, disamping itu juga pendidikan dalam masyarakat deangan berorganisasi, dan juga asupan gizi yang cukup dan seimbang.

“Orang tua mendorong untuk terus belajar, sekolah setinggi-tungginya, dimana etos pendidikan adalah yang utama dalam keluarga” lanjut guru besar Gerontologi.

“Aktif berorganisasi dan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. banyak makan tahu tempe dan amat jarang mengkonsumsi daging” Prof. Tri Budi W Raharjo menambahkan.

Profesor Tri Budi W Raharjo menambahkan tips hidup sehat di usia tua adalah tetap berkarya menjadi orang yang bermanfaat, memberikan bukan menerima, dan juga menikmati dan mensyukuri indahnya kehidupan.

“Tetap berkarya, meski telah menjalani masa pensiun formal. Kehidupan akan menjadi lebih membahagiakan ketika kita sanggup memberi dibanding hanya menerima” lanjut profesor.

“Hidup itu indah dan menyenangkan nikmatilah. Saya bahkan pernah traveling menggunakan kursi roda” Pungkas profesor mengakhiri tipsnya.

Leave a comment

About Harian Kutim

Check Also

TPT PERHAPI ke XXVII dan Kongres X KUTAI TIMUR KIRIM 14 DELEGASI

Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) Kutai Timur mengirim 14 delegasi dalam ajang Temu Profesi Tahunan …

1000 Pesepeda Kaltim Bakal Ramaikan Jambore Mountain Bike 2018 di Sangatta

Sebanyak 1000 pesepeda dari komunitas sepeda gunung (Mountain Bike-MTB) Kaltim, akan meramaikan acara Jambore MTB …

KPC Pembayar Pajak Terbesar Tahun 2018

PT Kaltim Prima Coal (KPC) kembali dinobatkan sebagai perusahaan pembayar pajak terbesar tahun 2018. Kali …

Leave a Reply

%d bloggers like this: