Home / Wisata / Sodong Culture Symphony 2018: Perpaduan Keindahan Pantai dan Budaya Cilacap

Sodong Culture Symphony 2018: Perpaduan Keindahan Pantai dan Budaya Cilacap

JAKARTA – Kementerian Pariwisata menyambut baik even Sodong Culture Symphony 2018 yang digelar di Pantai Sodong, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada 26-28 Januari 2018. Diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap berkerjasama dengan GenPI dan APPC.

Even akan dimeriahkan dengan keragaman budaya khas Cilacap antara lain; karnaval di atas pasir Pantai Sodong, ini menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan daya tarik wisata di Kabupaten Cilacap. Pantai Sodong sendiri menjadi salah satu ikon pariwisata Cilacap.

Dalam karnaval yang diikuti 200 peserta akan mengenakan busana unik sebagai perpaduan antara busana batik dengan bahan bekas sebagai hiasan. Ditampilkan tarian Jalungmas yang dibawakan secara kolosal. Tarian ini merupakan perpaduan budaya Jawa dan Sunda dan ditampilkan untuk mengapresiasi karya Maestro Tari Jalungmas, yaitu Tiek Entarti.

Pada acara itu para penari akan mengajak wisatawan untuk ikut menari. Tidak ketinggalan pada acara itu digelar Pasar Cemaraan yang menyajikan aneka kuliner khas, seperti thempleng, lanthing, mendoan, dan lepet. Acara pasar ini berlansung setiap hari selama event berlangsung.

Selain itu, yang ditunggu para wisatawan, adalah pertunjukan Sodong Bejazz Pesisir yang akan berlangsung pada Sabtu malam (27/1). Sodong Bejazz Pesisir akan menampilkan Sruti Respati, Jess Kidding dan Nufi Wardhana. Untuk menarik suasana pada panggung pertunjukan di pinggir pantai diterangi 1.000 obor.

Hiasan tananam pohon kelapa dan cemara di sepanjang pantai, menjadi salah satu daya tarik Pantai Sodong. Pantai yang terletak di Desa Karang Benda Kecamatan

Adipala posisinya berdekatan dengan Gunung Selok yang mengalirkan sumber air
hingga ke laut Sodong. Aliran air tersebut membentuk perairan dangkal yang bersih
dan hangat sehingga mengundang wisatawan untuk menikmati suasana Pantai Sodong. (Kemenpar)

#PesonaIndonesia
#WonderfulIndonesia

Leave a comment

About Harian Kutim

Check Also

Terminal 2 Soetta Paling Siap Terapkan Low Cost Carrier Terminal

JAKARTA – Menteri Pariwisata Arief Yahya terus mendorong keberadaan Low Cost Carrier Terminal (LCCT) di …

Setelah Kirab, Erau Adat Kutai dan EIAF 2018 Digas Makin Kece

KUKAR – Kehebohan kirab budaya Erau Adat Kutai dan EIAF 2018 berlanjut ke Stadion Rondong …

Luar Biasa, 10 Negara Akan Tampil di Bandung International Art Festival

BANDUNG – Bukan Bandung namanya kalau tidak kreatif. Kota Kembang selalu mampu menghadirkan beragam kejutan. …

Leave a Reply

%d bloggers like this: