http://wp.me/a8lLAR-1H3
Home / Sangatta / Tim Pansus KEK Maloy DPRD Kutim Tinjau KEK Palu

Tim Pansus KEK Maloy DPRD Kutim Tinjau KEK Palu

Hasbullah : Perlu adanya langkah tepat dalam pengembangan KEK MALOY oleh Pemkab Kutim

Sangatta- Tim panitia Khusus ( Pansus ) Rancangan Peraturan Daerah ( Raperda ) Administrasi Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK ) Maloy Batuta Trans Kalimantan ( MBTK ) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kutai Timur ( Kutim ) menggelar studi banding ke KEK Palu pada Selasa ( 21 / 11 ).

Tim pansus yang di ketuai oleh Rakhmadi dengan anggota Hasbullah Yusuf, Syarifuddin Ham, Agil Suwarno, Iriansyah, Sobirin Bagus, dan Arang Jau.

Hasbullah yang ditemui di kantor DPRD Kutim mengatakan bahwasanya kewenangan yang selama ini di tangani oleh provinsi nanti kedepannya akan di tangani oleh Kabupaten, sesuai dengan raperda yang saat ini sedang di godok oleh tim pansus KEK Maloy di DPRD Kutim.

“ Selama ini kan KEK Maloy di tangani oleh provinsi,nanti kedepannya akan di tangani oleh pemkab Kutim,” jelasnya.

Hasbullah menambahkan dengan melihat berbagai jenis usaha industri di Kutim seperti industri kelapa sawit dan batu bara, tentu sangat di perlukan pembentukan badan usaha yang di kelola oleh KEK MBTK, agar bisa menambah Pendapat Asli Daerah ( PAD ) Kutim kedepannya.

“ Kutim ini kaya karena ada hasil industri perkebunan kelapa sawit dan batu bara, sangat di perlukan sekali pembentukan badan usaha KEK MBTK, agar menambah PAD Kutim, apalagi di masa defisit seperti saat ini,” terangnya.

Nantinya dengan pembentukan administrator di KEK Maloy dapat menarik investasi asing maupun dalam negeri, karena menurut Hasbullah Yusuf yang juga ketua komisi B DPRD Kutim, tidak selamanya pembangunan suatu daerah mengharapkan APBD daerah saja.

“ Pada pembentukan adminsitrator nantinya bertugas pada perihal perizinan, pemantauan, pengawasan, dan pengendalian operasional bagi para pelaku usaha dalam pengembangan KEK MBTK,” tutupnya. ( IP /Nala)

Leave a comment

About Harian Kutim

Check Also

Raih Penghargaan Kementrian Keuangan, KPC Wajib Pajak Besar Taat

Setelah meraih penghargaan sebagai perusahaan penyumbang Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) tertinggi akhir tahun 2018 …

Komunitas “SHODAQOH” Bravo Berbagi

Selasa 5/2/2019, Komunitas Shodaqoh yang di prakarsai oleh Pak Sugeng Prayitno, berbagi rezeki di Sangatta …

HUT ke 37 Tahun, KPC Gelar Berbagai Kegiatan

Kegiatan Pertama, Sumbang 288 Kantong Darah Rangkaian kegiatan HUT PT Kaltim Prima Coal (KPC) ke …

Leave a Reply

%d bloggers like this: