2018 Kaltara Mendapatkan Alokasi Anggaran Rp 3,17 Triliun

  • Whatsapp

Alhamdulillah, tahun 2018 mendatang, Kaltara mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 3,17 triliun. Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI Nomor 3 Tahun 2017, tentang Rencana Aksi Pengelolaan Perbatasan Negara Tahun 2018, bentuk kegiatan yang dilaksanakan di daerah dibagi per kementerian sebut Gubernur Irianto dalam rilis.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) diantaranya akan membangun 1 unit kantor desa di Bahau Hulu, Kabupaten Malinau. Lalu 18 unit kantor desa yang terbagi 6 unit di Lumbis Ogong, 4 unit di Krayan Selatan, dan 8 unit di Tulin Onsoi (Nunukan).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun jalan paralel perbatasan sepanjang 127,58 kilometer dengan anggaran senilai Rp 1,14 triliun. Di Malinau, kementerian ini juga membangun 10 unit rumah sederhana bagi penduduk miskin di Long Ampung, 8 unit rumah sosial bagi masyarakat tidak mampu di Lidung Payau, 25 unit rumah layak huni di Kecamatan Kayan Hilir, dan jaringan air bersih di Data Dian tahap III.

Di Nunukan, akan dibangun 300 unit rumah khusus yang tersebar di Lumbis Ogong, Sebatik Tengah, Sebatik Timur, Krayan, Krayan Selatan, Seimanggaris, dan Tulin Onsoi. Di Sebatik Utara akan dibangun 30 unit pembangunan sarana air bersih.

Selain itu, untuk kepentingan pertahanan dan keamanan, Kementerian Pertahanan akan melakukan peningkatan/pembangunan fasilitas, sarana dan prasarana matra udara Lanud Tarakan.

Mencakup pula pembangunan sarana dan prasarana kesejahteraan personel matra udara Lanud Tarakan.
Sementara itu, untuk peningkatan bandara Malinau dari Kementerian Perhubungan mendapatkan alokasi dana Rp 41,7 miliar.

Bidang perhubungan darat, akan ada pengadaan sekaligus pemasangan perlengkapan jalan di jalan nasional ruas Sekatak Buji (Bulungan) – Malinau.

Kementerian Perhubungan juga menggelontorkan Rp 99,6 miliar bagi peningkatan bandara Nunukan, termasuk subsidi pengoperasian kapal pada penyeberangan perintis Tarakan – Nunukan, Nunukan – Sebatik, Nunukan – Seimanggaris. (Nala)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *