3 Nomine Seleksi Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Hari Ini Diumumkan

3 Nomine Seleksi Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Hari Ini Diumumkan

Sangatta, HarianKutim.Com – Hari kedua seleksi guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi mulai jenjang TK, SD, dan SMP, se-Kutai Timur yang mewakili kecamatannya mengikuti tahapan seleksi guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi tingkat Kabupaten Kutai Timur di Hotel Royal Victoria Sangatta, Selasa (11/4).

Dinas Pendidikan Kutai Timur Adakan Seleksi Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten

Kompetisi tahunan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kutai Timur ini, dianggap sebagai ajang kompetisi bergengsi oleh beberapa pihak sekolah yang ada di Kutai Timur. Mengingat peserta yang lolos akan mengikuti, lomba berprestasi ke level provinsi dan nasional.

Ada dua tahap yang akan dilalui oleh para guru ini untuk menjadi juara. Tahap pertama, peserta akan melalui ujian tulis dan portofolio, dan tahap kedua adalah presentasi karya tulis dan wawancara.

Hari pertama kemarin usai pembukaan, acara seleksi guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi lakukan tes tulis secara serentak dengan soal essay berjumlah 8 soal, peserta diberi waktu 90 menit untuk menyelesaikan test tulis tersebut. Hari kedua ini, peserta seleksi masih mengikuti tahapan presentasi karya tulis dan juga wawancara di hadapan dewan juri. Disamping itu, penilaian fortofolio juga masih terus berlangsung.

Salah seorang juri yang ditemui media ini, Dr. Nanang Rijono, M.Pd mengungkapkan bahwa masing-masing kategori akan dipilih 3 nominasi, kemudian dari 3 nominasi tersebut akan mempresentasikan kembali karya tulisnya di akhir acara untuk dipilih sebagai juara 1, 2, dan 3 guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi tingkat kabupaten Kutai Timur tahun 2017.

Senada dengan Rijono, koordinator pengawas pendidikan kabupaten Kutai Timur, Sukarni, M.Pd. mengatakan bahwa penilaian guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi tahun ini berbeda dengan tahun yang lalu. “Tahun ini dipilih 3 nominasi yang mewakili masing-masing kategori, kemudian mempresentasikan kembali diakhir acara,” ujarnya.

Ketiga nominasi terpilih bukan merupakan juara 1, 2 dan 3 pada masing-masing kategori. Namun dari 3 nominasi itu masih mempresentasikan karya tulisnya di depan dewan juri. “Tapi dapat dipastikan juara 1,2, dan 3 berasal dari ketiga nominasi tersebut,” tegas Sukarni.

Sore ini, seluruh peserta seleksi guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi akan dikumpulkan bersama di ruang 1 Pelangi hotel Victoria Sangatta, guna mengikuti pembekalan guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi.

Lanjut Sukarni, pada pembekalan ini, peserta akan diberi pelatihan khusus untuk mempersiapkan lomba guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi untuk mempersiapkan lomba tahun depan bagi yang tidak lolos, sementara yang lolos diminta untuk melengkapi dan menyempurnakan portofolionya.

“Setelah pembekalan, akan diumumkan 3 nomine masing-masing kategori. Malamnya ketiga nomine akan mempresentasikan kembali karya tulisnya di hadapan dewan juri, ” tutup Sukarni. (Nala)

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Presiden jokowi Hadiri Peringatan HUT ke-71 TNI AU

PBNU Kutuk Teror Air Keras kepada Novel Baswedan