Awas Tahun Ini, Ujian Sekolah/Madrasah Menentukan Kelulusan Siswa

Sosialisasi Kelulusan Ujian sekolah, Moh Syaiful imron, S.Pd., M. Si.

Sangatta, hariankutim.com – Saat ini Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur telah genjar – genjarnya mensosialisasikan pelaksanaan Ujian Nasional maupun ujian sekolah pada tahun ajaran 2016/2017. Khususnya pada bidang pendidikan dasar sosialisasi Ujian Sekolah dam Madrasah (US/M) dilakukan terjadwal selama bulan maret 2017 meskipun pelaksanaan US/M direncanakan tanggal 15-17 Mei 2016.

Strategi sosialisasi US/M dilakukan dengan Roadshow ke kecamatan–kecamatan yang dihadiri oleh kepala UPT Pendidikan, Pengawas Sekolah dan kepala sekolah. Cara ini dilakukan agar penyampaian lebih fokus, dan terjadi tanya jawab yang lebih intens karena peserta tidak terlalu banyak. Tujuan lainnya agar dapat melihat keadaan sekolah–sekolah di kecamatan tersebut secara langsung.

Pelaksanaan sosialisasi US/M ke daerah langsung dipimpin Bapak Moh. Syaiful Imron, S.Pd.,M.Si selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Pendidikan Dasar sekaligus sebagai narasumber pada kegiatan tersebut.

Kebijakan US/M pada tahun 2017 ini berbeda dengan tahun 2016. Untuk tahun ini hasil UN atau US/M tidak hanya sebagai pemetaan saja tetapi juga sebagai penentu kelulusan bagi peserta didik. Sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 007 /H/EP/2017 Tentang Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah / Madrasah pada Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, dan Penyelenggara Program Paket A / ULA Tahun Pelajaran 2016/2017 bahwa Kelulusan US/M adalah sebagai berikut :

A. Kelulusan US/M
1. Peserta didik dinyatakan lulus US/M apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan nilai US/M
2. Kriteria kelulusan US/M ditetapkan melalui rapat pendidik sebelum pelaksanaan US/M yang mencakup :
a. Nilai minimal setiap mata pelajaran US/M ; dan
b. Nilai rata – rata minimal mata pelajaran US/M

B. Kelulusan dari Satuan Pendidikan
1. Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah
a. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
b. Memperoleh nilai sikap/prilaku minimal baik
c. Lulus US/M
2. Kriteria peserta didik telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran ditentukan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik berdasarkan laporan hasil belajar kelas I semester I sampai Kelas VI semester 2.
3. Kriteria nilai sikap/prilaku peserta didik ditentukan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik.
4. Kreteria peserta didik lulus dari US/M ditentukan satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik.

Dari penjelasan di atas, kelulusan siswa sepenuhnya diputuskan oleh dewan pendidik di satuan pendidikan, namun pemerintah berkeinginan ada standar nilai minimal yang ditetapkan sekolah sendiri sebagai acuan kelulusan siswa dalam US/M yang juga merupakan syarat siswa lulus dari satuan pendidikannya.

Oleh sebab itu, Kasi Kurikulum dan evaluasi SD menghimbau kepada seluruh sekolah SD dan MI untuk segera mengadakan rapat dewan pendidik untuk menetapkan nilai minimal mata pelajaran US/M ( mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA) dan nilai rata-rata minimal mata pelajaran US/M. Kemudian dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur melalui UPT pendidikan di setiap kecamatan. Data tersebut akan disinkronkan pada sistem koreksi yang ada di Dinas Pendidikan karena pengolahan hasil US/M kewenangan Dinas Pendidikan.

Dinas pendidikan akan mengetahui target sekolah dalam menentukan mutu lulusannya dan apakah hal ini terkait dengan hasil penilaian akreditasi yang diperoleh sekolah tersebut.

Sumber : Moh. Syaiful Imron, S.Pd., M.Si
Kasi Kurikulum dan Evaluasi Pendidikan Dasar
Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Dinas Pendidikan Optimalkan Peran KKG Sebagai Wadah Pembinaan Profesional Guru

Kepala SMK Negeri 17 Samarinda Terima Penghargaan Indonesian Awards Of Education 2017