Bawaslu Awasi Langsung Seleksi PPK di Kutai Timur

  • Whatsapp

HARIANKUTIM.COM, Sangatta- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kutai Timur mengawasi proses perekrutan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Sekretariat KPU Kabupaten Kutai Timur, Jum’at (24/1/2020).

Pengawasan tersebut dilakukan untuk memastikan KPU Kabupaten Kutai Timur sudah menjalankan proses rekrutmen PPK untuk Pilkada KPU Kabupaten Kutai Timur yang rencananya akan diselenggarakan pada 23 September 2020 mendatang.

Bacaan Lainnya

Anggota Bawaslu Kabupaten Kutai Timur Kordiv. Pengawasan Humas dan Hubal, Siti Akhlis Muafin mengakui, pihaknya melakukan pengawasan pada proses perekrutan anggota PPK tersebut, dengan tujuan untuk memastikan ketepatan waktu perekrutan PPK yang dilakukan KPU Kabupaten Kutai Timur.

“Kami memastikan KPU sudah melaksanakan tahapan proses rekrutmen PPK sesuai waktu yang telah ditentukan,” ungkap Akhlis, saat di temui di kantor Bawaslu Kabupaten Kutai Timur.

Lanjut Akhlis, selama proses perekrutan anggota PPK, pihaknya menurunkan sebanyak 2 personil staf Bawaslu untuk melakukan pengawasan hingga tahapan perekrutan selesai. “Setiap hari selama proses perekrutan PPK kami tugaskan 2 orang staf Bawaslu. Agar setiap tahapan selalu terawasi,” tambahnya.

Proses rekrutmen PPK untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Timur ini dimulai 18 hingga 24 Januari. Selain harus memenuhi sejumlah persyaratan di antaranya, setia kepada pancasila, mempunyai Integritas pribadi yang kuat, jujur dan adil serta sanggup menjalankan tugas dan kewajiban sebagai anggota PPK, tidak menjadi anggota partai politik.

Serta, tidak pernah dipidana penjara penjara 5 tahun atau lebih, bebas dari penyalahgunaan Narkotika, tidak pernah dijatuhi sanksi pemberhentian tetap oleh KPU Kabupaten/Kota atau KPP, belum pernah menjabat dua kali periode dalam jabatan yang sama sebagai anggota PPK, hingga tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilihan. (Am/002)

Comments

0 comments

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *