BKPRMI adakan Bimtek Ujian TPA

  • Whatsapp

Kongbeng, hariankutim.com – Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kecamatan Muara Wahau dan Kongbeng adakan bimbingan teknis (bimtek) munaqosah ujian untuk tingkat TPA, hari ini Minggu ( 5/3/2017).

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang bertajuk “menyiapkan generasi Qur’ani dan menyongsong masa depan gemilang” ini dihadiri seluruh TK Alquran se Kecamatan Muara wahau dan Kongbeng.

Bertempat di gedung SMKN 1 Kongbeng, kegiatan ini dihadiri kepala UPTD Kongbeng, Ismail, S.Pd.SD.dengan menghadirkan narasumber Direktur Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Quran DPD BKPRMI Kutai Timur, Sirajuddin, M. Pd.

Sirajuddin dalam pemaparannya, mengatakan bahwa jika BKPRMI kabupaten tidak henti-hentinya melakukan pembinaan dan pembekalan kepada para munaqisy TKA, TPQ, dan LPTQ serta memberikan motivasi anak didik untuk meraih prestasi belajar lebih baik, terutama pengusahaan ilmu agama di bidang Alquran.

“Pembinaan dan pembekalan para munaqisy merupakan upaya dari BKPRMI kabupaten untuk meningkatkan kemampuan dan penguasaan materi. Terangnya.

Ia juga menegaskan bahwa TPA merupakan cikal bakal dari generasi-generasi yang akan meneruskan ke LPTQ dengan menggunakan ujian yang berjenjang, layaknya sebagai sebuah sekolah.

“Ujian munaqasah TK Alquran menggunakan standar dan materi yang berjenjang” jelasnya.

Ia juga menyampaikan tentang perlunya tata kelola TPA yang baik, baik pengelolaan pembelajaran, data laporan, maupun pembuatan laporan keuangan, sehingga akuntabilitas dan kepercayaan masyarakat semakin meningkat.

“Perlunya tertib administrasi, tata kelola pengelolaan, data laporan keuangan, meskipun TKA itu pendidikan informal tapi pada implementasinya formal” ujarnya.

 

Reporter: Muadzin    Editor: Sismanto HS

Comments

0 comments

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *