Dandim 0909 Bersama PWI Kutim Berbagi Bibit Ikan Air Tawar dan Kolam Terpal

  • Whatsapp

HarianKutim.com, Sangatta – Dandim 0909/KTM Letkol CZI Heru Aprianto bersama jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kutai Timur membantu bibit ikan air tawar dan kolam terpal untuk peningkatan ekonomi masyarakat, terkhusus para pemuda karang taruna Dusun Gunung Tehnik Masabang, Desa Sangatta Selatan, kemarin (3/10).

Dandim 0909/Kutai Timur Letkol CZI Heru Aprianto mengatakan, pihaknya berupaya mengembangkan dan meningkatkan kepedulian serta kepekaan generasi muda dalam mencegah pergaulan bebas.“Salah satunya dengan membina generasi muda melalui karang taruna,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Selain itu, pemuda sebagai generasi penerus bangsa hendaknya mempunyai pola pikir yang positif dan penuh inovasi. Terutama dalam melakukan tindakan.

“Bagaimana memiliki niat dan kemauan. Sehingga cita-cita akan terwujud melalui komunikasi yang intens dengan babinsa dalam memantau kegiatan karang taruna. Apalagi pemuda Karang Taruna Pemuda Kreatif ini rata-rata masih usia sekolah,” paparnya.

Meski bibit lele tersebut tak banyak, namun dipastikannya dari yang sedikit tentu akan menjadi banyak. Makanya dia mengajak pemuda karang taruna untuk mengisi waktunya dengan kegiatan yang bermanfaat. “Salah satunya dengan beternak ikan lele. Daripada membuang waktunya untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Begini kan ada hasil yang dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh mereka,” sebutnya.

Dia memastikan, dari bantuan yang diberikan akan dilakukan evaluasi. Apakah bisa dimanfaatkan secara maksimal, sehingga perencanaan ke depan bisa ditentukan pengembangannya seperti apa.“Yang jelas kami berupaya memaksimalkan peran generasi muda, agar dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang menambahkan, seluruh kegiatan karang taruna harus didukung. Apalagi para pemuda sudah berkreativitas untuk menghasilkan perekonomian yang baik.”Semoga bisa menambah penghasilan dan lebih percaya diri. Sehingga menjadi motivasi untuk mandiri dan terbiasa mencari penghasilan untuk diri sendiri,” harapnya.

Apalagi, kata dia, aktivitas karang taruna tersebut sudah lama. Hal itu tentu membuat dirinya bangga, mengingat dirinya sejak lahir dan tumbuh besar di kawasan Sangatta Selatan.“Makanya mereka harus menyampaikan usulan melalui desa dan kecamatan. Kemudian harus dapat diakomodasi dalam Musrembang. Ini wajib untuk dikawal, karena kegiatan positif.

Semoga menjadi pilot project bagi pemuda-pemuda yang ada di Sangatta Selatan,” tutupnya.Perlu diketahui, selain Dandim 0909/KTM dan Wakil Bupati Kutim. Kegiatan itu juga dihadiri Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan, Danramil 0909-01/Sangatta Kapten Cba Heru Eko, Camat Sangatta Selatan Vita Nurhasanah dan Ketua PWI Kutim Ibnu Juraid. (*)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *