Dikmen Kutai Timur Sosialisasikan POS UN

Sangatta – Dinas Pendidikan, Pendidikan Menengah (Dikmen) Kabupaten Kutai Timur melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan ujian Nasional (UNBK-UNKP) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SMP/MTs tahun Pelajaran 2016/2017. Bertempat di aula Hotel MS Sangatta 22-23 Pebruari 2017 dihadiri oleh Kepala Sekolah se-Kab. Kutai Timur, baik sebagai sekolah penyelenggara maupun sekolah penggabung.

Penyelenggaraan sosialisasi UN adalah kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kab. Kutai Timur.

“Sosialisasi POS UN harus setiap tahun dilaksanakan karena setiap tahun POS UN selalu berubah”, ungkap Susilo, M.Pd selaku narasumber dari dinas pendidikan.

Perubahan pelaksanaan UN untuk tahun 2017 terlihat dari sistem pelaksanaannya. UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) adalah ujian yang menggunakan komputer sebagai media untuk menampilkan soal dan proses menjawabnya, adapun UNKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil) adalah sistem ujian yang digunakan dalam UN dengan menggunakan naskah soal dan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) berbasis kertas dan menggunakan pensil.

Pelaksanaan UNBK di Kabupaten Kutai Timur tahun 2017 siap dilaksanakan oleh 4 sekolah di kecamatan Sangatta Utara yang memiliki sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan ujian nasional berupa komputer dan server yang stabil. Sekolah yang siap melaksanakan UNBK adalah 3 sekolah negeri yaitu SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, dan SMP YPPSB adalah satu-satunya sekolah swasta yang ikut.

Jadwal UNBK dan UNKP SMP/MTs akan dilaksanakan pada tanggal 2,3,4, dan 8 Mei 2017. untuk UNBK dimulai pada pukul 07.30-16.00 yang dibagi dalam 3 sesi. Sedangkan jadwal UNKP dimulai pada pukul 10.30-12.30 pada hari yang sama. Adapun USBN dilaksanakan pada tanggal 17-19 April 2017.

Citizen journalism Rasyuni, M.Pd

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Darus Hasaniyah; Tradisi Para Raja Maroko

Bupati Kutim Roadshow Musrembang Daerah Pesisir