Dinas Pendidikan Kutai Timur Adakan Seleksi Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten

Dinas Pendidikan Kutai Timur Adakan Seleksi Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten

Sangatta, HarianKutim.Com – Perwakilan guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi mulai jenjang TK, SD, SMP, se-Kutai Timur yang mewakili kecamatannya masing-masing ikuti seleksi guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi tingkat Kabupaten Kutai Timur di Hotel Royal Victoria Sangatta, Senin (10/4).

Dinas Pendidikan Kutai Timur Adakan Seleksi Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten

Kompetisi tahunan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kutai Timur ini, dianggap sebagai ajang kompetisi bergengsi oleh beberapa pihak sekolah yang ada di Kutai Timur. Ada dua tahap yang akan dilalui oleh para guru ini untuk menjadi juara. Tahap pertama, peserta akan melalui ujian tulis dan portofolio, dan tahap kedua adalah presentasi karya tulis dan wawancara.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur, Akhmadi Baharuddin, MM, dalam sambutannya dalam pembukaan seleksi guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi tingkat kabupaten Kutai Timur memberikan motivasi kepada peserta yang hadir dan juga berharap kepada guru untuk menekankan pembentukan karakter kepada peserta didiknya di sekolah.

Lanjut Akhmadi, bahwa guru bukan pengajar, tapi pendidik. Kalau mengajar setelah ngajar dapat bayaran, tetapi pendidik sama halnya mendidik sebagaimana orang tuanya. “Untuk itu, pentingnya revolusi mental dan pendidikan kharakter bagi anak yang dilakukan guru di sekolahnya masing-masing,” tegasnya.

Usai pembukaan, acara selanjutnya yaitu tes tulis secara serentak dengan soal essay berjumlah 8 soal, peserta diberi waktu 90 menit untuk menyelesaikan test tulis tersebut.

Sementara salah seorang juri yang ditemui media ini, Dr. Nanang Rijono, M.Pd mengungkapkan bahwa masing-masing kategori akan dipilih 3 nominasi, kemudian dari 3 nominasi tersebut akan mempresentasikan kembali karya tulisnya di akhir acara.

Ia berharap bahwa seleksi tingkat kabupaten ini dijadikan pembelajaran bagi para peserta untuk betul-betul memperhatikan petunjuk pelaksanaan juklak maupun petunjuk teknis juknis, karena selekai guru berprestasi penting diperhatikan persyaratan-persyaratan dasar untuk mengikuti lomba tersebut, seorang guru yang di persyaratannya kurang satu hari pun akan gagal dengan sendirinya, Tutup Rijono. (Nala)

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Demi Pendidikan Karakter di Sekolah, Dinas Pendidikan Turba

Ini Ada Desa Wisata Keren di Pujon Kulon Malang