Dinas Pendidikan Kutim Gelar Tryout Ujian Sekolah SD Serentak

  • Whatsapp
Pelaksanaan Try Out US/M SDN 006 kaliorang

Sangatta, hariankutim.com – Mulai hari ini Rabu 5 April sampai dengan 8 April 2017 Dinas Pendidikan Kutim menggelar tryout Ujian Sekolah/Ujian Madrasah (US/M) yang diikuti 6.536 peserta didik kelas VI dengan 203 sekolah.

Pelaksanaan Try Out US/M SDN 006 kaliorang

Sekretaris Pelaksanaan US/M kabupaten Kutim yang juga merupakan Kasi kurikulum dan evaluasi Dikdas Disdik Kutim, Moh. Syaiful Imron, S.Pd., M.Si mengungkapkan bahwa mata pelajaran yang ditryoutkan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Pendidikan agama.

Bacaan Lainnya

Lanjut Imron, Ujian Sekolah/Madrasah merupakan sebuah proses pengukuran hasil belajar siswa SD kelas VI yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia. Hasil US/M SD/MI tahun ini menentukan dalam kekulusan, sehingga memiliki makna yang penting bagi latihan siswa-siswa maupun sekolah.

“Tahun ini pemerolehan nilai US/M menjadi tolak ukur kelulusan. Jika pemerolehannya melebihi nilai minimal kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan maka siswa tersebut dapat dinyatakan lulus, ” ujarnya.

Disisi lain, adanya persaingan yang ketat untuk mendapatkan sekolah menengah pertama, menuntut siswa memperoleh nilai tertinggi agar mampu mendapatkan sekolah sesuai yang diinginkan.

Dinas Pendidikan Kutai Timur akan menggelar kembali Tes Daya Serap (TDS) pada tanggal 25 – 28 April 2017 yang pelaksanaannya disetting persis dengan pelaksanaan US /M tahun 2017.

“TDS merupakan simulasi US/ M. Dengan strategi ini diharapkan peserta didik siap secara mental dan siap kemampuan akademiknya sehingga mencapai kelulusan 100% dengan nilai yang tidak mengecewakan, ” Tutup Imron.

Adapun US/M itu sendiri akan digelar tanggal 15 – 17 Mei 2017. (Nala)

 

 

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *