Home / Sangatta / Dinas Pendidikan Kutim Menggelar Pelaksanaan Seleksi OSN SD Tingkat Kecamatan Serentak

Dinas Pendidikan Kutim Menggelar Pelaksanaan Seleksi OSN SD Tingkat Kecamatan Serentak

Seperti biasanya Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Pendidikan selalu mengambil bagian dalam kompetensi bergensi tingkat nasional dalam bidang sains yaitu Olimpiade Sains Nasional (OSN) baik pada jenjang pendidikan dasar maupun pendidikan menengah. OSN setiap tahun dilaksanakan sebagai wahana kompetisi dalam bidang matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, sebagai bagian dari upaya komperhensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreatifitas dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai – nilai sportifitas.

Menurut Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi SD, Bapak Moh. Syaiful Imron, S.Pd.,M.Si selaku pejabat teknis kegiatan , untuk pelaksanaan seleksi OSN SD telah dipersiapkan sebaik mungkin agar terpilih dengan tepat peserta didik SD yang benar – benar berkwalitas dan mempunyai kompetensi unggul sehingga diharapkan mampu bersaing hingga di tingkat Nasional.

Dalam penjaringan peserta didik yang akan mewakili Kabupaten Kutai Timur dalam OSN SD tahun 2018 akan dilaksanakan mulai dari tingkat sekolah, kecamatan dan kabupaten. Dengan melibatkan UPT pendidikan kecamatan dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) akan diadakan seleksi OSN tingkat kecamatan serentak di Kabupaten Kutai Timur pada hari senin tanggal 19 Februari 2018 untuk menjaring peserta didik yang mewakili kecamatannya ke tingkat Kabupaten yang rencananya akan di gelar pada pertengahan bulan maret.

Pada seleksi tingkat kecamatan setiap sekolah dapat mengirimkan peserta terbaiknya maksimal 2 siswa untuk tiap mata pelajaran (IPA dan Matematika). Untuk Mata pelajaran matematika setiap peserta harus menyelesaikan atau menjawab soal yang terdiri dari 20 butir soal isian singkat dan 5 butir soal uraian dengan dua soal diantaranya dalam bahasa Inggris. Sedangkan dalam mata pelajaran IPA setiap peserta harus mampu menjawab atau menyelesaikan sebanyak 40 butir soal pilihan ganda (PG) dengan 20% soal dalam teks berbahasa inggris. Waktu yang disediakan untuk tiap mata pelajaran tersebut selama 90 menit.

Pada Seleksi tingkat kabupaten akan diambil 40 peserta pada tiap mata pelajaran (40 peserta untuk matematika dan 40 peserta untuk IPA) yang berhak ikut dalam seleksi tingkat kabupaten adalah peserta didik yang memiliki nilai tertinggi di setiap kecamatan pada tiap mata pelajaran dan untuk mencukupi kuota 40 pada tiap mata pelajaran maka akan diambil 22 peserta pada tiap mata pelajaran berdasarkan ranking pemerolehan nilai. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan dan motivasi didaerah/kecamatan dan juga mengakomodir peserta didik yang mempunyai kemampuan lebih. Moh. Syaiful Imron optimis peserta didik SD di Kabupaten Kutai Timur mampu bersaing hingga ajang nasional. (IM/Nala)

Leave a comment

About Harian Kutim

Check Also

KPC Pembayar Pajak Terbesar Tahun 2018

PT Kaltim Prima Coal (KPC) kembali dinobatkan sebagai perusahaan pembayar pajak terbesar tahun 2018. Kali …

Nashirudin Nahkodai Ika PMII Kutim Secara Aklamasi

Sangatta – Mantan ketua cabang PMII Kutai Timur periode 2014-2016 Nashirudin terpilih secara aklamasi melalui …

PLT Kepala Dinas Pendidikan Kutai Timur Roma Malau Membuka Diklat Satu Guru Satu Digital Story Telling

Sangatta – PLT Kepala Dinas Pendidikan Kutai Timur Roma Malau membuka diklat satu guru satu …

Leave a Reply

%d bloggers like this: