Gerakan Jum’at Bersih Agenda Rutin Masyarakat Kongbeng

  • Whatsapp

HARIANKUTIM.COM,Kongbeng – Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangata yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) kini melaksanakan Berbagai kegiatan di Desa Kongbeng Indah salah satunya Gerakan Jumat Bersih (GJB) yang merupakan agenda rutin mingguan yang di laksanakan oleh masing-masing RT se-Desa Kongbeng Indah, Jumat (13/3/20).

Hidup bersih merupakan prasyarat terciptanya hidup sehat, baik badan bersih, pakaian, makanan, dan juga lingkungan.
Lingkungan yang bersih merupakan salah satu indikator kenyamanan masyarakat dalam bermukim.

Hadirnya Mahasiswa KKL X STAIS di Kecamatan Kongbeng yang juga mempunyai salah satu Program Kerja dalam bidang sosial yaitu gerakan jumat bersih dan kegiatan ini telah menjadi rutinitas warga di Desa Kongbeng Indah.

Jumat bersih kali ini Mahasiswa bergabung dengan RT 8 Dusun 2 Desa Kongbeng Indah, yang menjadi fokus kebersihan kali ini, Drainase jalan dan halaman rumah warga setwmpat.

Antusias warga membersihkan lingkungan sekitar cukup tinggi, hal ini dapat dilihat dari kehadiran warga sekitar yang cukup banyak, tak heran jika RT.08 menjadi RT yang sangat bersih dilingkungan Desa Kongbeng Indah.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan jumat bersih ini, lingkungan warga menjadi bersih sehingga terasa nyaman dan sehat”, ungkap Bapak Midi Danel selaku PJ Desa Kongbeng Indah.

Di tempat yang sama Kepala dusun 2 yang menuturkan belum adanya respon pemerintah terkait tempat pembuangan sampah di daerah setempat, sehingga mengharuskan warga membakar dan mengubur sampah yang ada.

“Harusnya hal ini menjadi pertimbangan pemerintah daerah agar ikut memperhatikan sarana penunjang kebersihan lingkungan warga seperti pengangkutan dan tempat pembuangan akhir”, ujar imam.

“Mestinya ini menjadi perhatian lebih dari pemerintah daerah terkhusus dinas terkait, agar segera merealisasikan program yang ada di desa tersebut, karna ini bisa menjadi contoh bagi desa yang lain untuk mandiri dalam mengatasi sampah”, Ungkap Edi kordes KKL Desa Kongbeng Indah. (HK/002)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *