GMKB Gelar Diskusi Uji Publik Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah

Diskusi uji publik yang diselenggarakan oleh GMKB (Gerakan Masyarakat Kaltim Bersatu

Samarinda, hariankutim.com – Hari ini di Ruang Ruhuy Rahayu Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Timur berlangsung sebuah kegiatan bertema “Uji Publik UU Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah yang Berkeadilan dan Proporsional” berjalan lancar dan sukses (2/3/2017).

Diskusi uji publik yang diselenggarakan oleh GMKB (Gerakan Masyarakat Kaltim Bersatu) dimoderatori Syaparudin J., S.Sos ini menghadirkan pemateri Gubernur Kalimantan Timur, Prof. DR. H. Awang Faroek Ishak, Praktisi Migas Kaltim, Wahdiat Al-Gazhali, dan dari unsur akademisi Universitas Mulawarman, DR. Adji Sofyan Effendy.

Dari ruang diskusi tersebut mengalir banyak pendapat agar perjuangan revisi tidak hanya sekadar berfokus kepada DBH MIGAS, tapi juga sumber daya alam SDA secara umum. Selain itu, forum diskusi juga diharapkan tidak sekadar berpikir tentang DBH, tapi lebih dari itu soal kewenangan Pemerintah Daerah yang perlu lebih ditingkatkan lagi.

Rekomendasi forum uji publik mendorong kepada GMKB (Gerakan Masyarakat Kaltim Bersatu) sebagai fasilitator untuk melibatkan DPRD Kaltim, para kepala daerah, DPRD Se Kaltim, dan akademisi dari berbagai daerah. Kemudian diharapkan hasil revisi uji publik Kaltim tersebut akan disampaikan kepada pihak DPR RI dan Kementerian terkait di Jakarta.

Moderator kegiatan dan juga pengurus GMKB, Syaparudin J., S.Sos mengungkapkan, “yang pasti beberapa hari ini GMKB akan intens melaksanakan rapat-rapat, untuk mempersiapkan pertemuan-pertemuan lanjutan ke berbagai Kabupaten Kota se Kaltim untuk mendapatkan masukan dari berbagai daerah. Soal waktu untuk turun ke Kab/Kota se Kaltim kami masih bicarakan diinternal GMKB dulu” Katanya dan berharap GMKB Kaltim bisa sukses menjadi fasilitator.

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Laporan Khusus: Menilik Sarasehan Penggiat Deradikalisasi Dunia Maya oleh BNPT (2)

Kunjungi DPR, Ini Isi Pidato Raja Salman