Gubernur Irianto: Honor Guru SMA/SMK se Kaltara Akan Dibayar dalam Waktu Dekat

  • Whatsapp

 

Adanya berbagai usulan tentang peningkatan mutu pendidikan di Kaltara, sebagaimana diungkapkan Dedy Salman, S.Pd, guru di Nununkan bahwa sudah selayaknya sendi-sendi pendidikan mulai dari SDM maupun sarananya menjadi tanggung jawab pemerintah.

“Jika menginginkan pendidikan maju khususnya di Kaltara, maka perhatikan dan sejahterakan guru-gurunya yang menjadi beranda utama dalam mencerdaskan anak-anak bangsa,” ujarnya.

Dedy memberikan saran kepada gubernur, sesuai dengan kewenangannya melalui UU pemerintah bahwa kewenangan sekolah Dikmen SMA/SMK diserahkan ke provinsi, maka jika dimungkinkan SK pemprov untuk GTT/PTT direalisasikan maka kebutuhannya untuk GTT/PTT yaitu membuat NUPTK dan Sertifikasi semakin mudah. Karena syarat utamanya harus ada SK tersebut.

Lanjut Dedy, penggajian GTT/PTT mohon untuk direalisasikan bukan mengikuti dana BOS Provinsi yang dibayarkan triwulan, karena kebutuhan GTT/PTT bukan per tiga bulan melainkan perbulan. Selama 3 bulan guru harus menjual perabotan rumah tangga dulu bahkan digadaikan.

Mengomentari ini Gubernur Kaltara, Dr. Irianto Lambrie dalam rilis resmi yang diterima HarianKutim.Com menyampaikan bahwa berdasar laporan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, honorarium bagi para guru tidak tetap (GTT) dan pegawai tidak tetap (PTT) SMA/ SMK dan SLB se Kaltara direncanakan akan dibayarkan dalam waktu dekat ini.

“Proses administrasi telah hampir tuntas dan diharapkan Mei ini sdh bisa disalurkan. Karenanya saya harapkan teman-teman bisa bersabar,” jelasnya.

Pemprov Kaltara mengalokasikan dana lebih dari Rp 6 miliar diperuntukkan bagi 936 orang GTT dan PTT yang menjadi kewenangan provinsi. Dengan besaran gaji untuk GTT Rp. 2.500.000 per orang per bulan. Sedangkan PTT Rp 2.100.000 per orang per bulan.

Dana akan disalurkan melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Provinsi lewat belanja pegawai dan sistem penyalurannya melalui rekening bank sekolah masing-masing setiap triwulannya. (Nala)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *