Gubernur Kaltara Irianto Hadiri GCF

  • Whatsapp

Sebagai salah satu anggota Governor’s Climate and Forests (GCF), Gubernur Kaltara Irianto turut dalam rilis di akun resminya hadir dalam acara GCF Taskforce Annual Meeting bersama beberapa gubernur anggota GCF lainnya di Pullman Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (18/7) siang hingga petang tadi.

Pertemuan ini merupakan persiapan untuk pelaksanaan GCF Annual Meeting yang akan digelar di Balikpapan, Kaltim 25-29 September 2017 mendatang. Termasuk dibahas tadi mengenai komitmen masing-masing gubernur dalam pelestarian hutan, sebagai upaya mengurangi emisi gas karbon.

Kaltara sendiri yang telah terdaftar sebagai anggota GCF melalui aklamasi pada pertemuan tingkat tinggi di Meksiko pada 2016 lalu, memiliki komitmen kuat untuk menjaga kelestarian lingkungan, terutama keberadaan hutan yang ada.

Kaltara saat ini tengah fokus pada pemenuhan sumber energi terbarukan. Yaitu dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berbasis konservasi. Selain karena potensi air sungai di Kaltara yang banyak. Melalui PLTA dengan berbasis konservasi, kita bisa menjaga kelestarian hutan, terutama di daerah hulu sungai yang dibangun PLTA.

Dalam menjaga kelestarian hutan, Kaltara juga telah melakukan kerja sama dengan dua negara di wilayah perbatasan. Yakni dengan Brunei Darussalam dam Malaysia.

Pertemuan dilanjutkan dengan perwakilan negara dan lembaga pendonor untuk kelestarian hutan untuk mengurangi gas emisi karbon. Terutama terhadap negara dan provinsi anggota GCF. Di antaranya Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS), Jepang, Selandia Baru, Asian Development Bank (ADB), World Bank, Usaid, GTZ, GGGI, UNEP, Delegasi Uni Eropa, TNC, JICA, UNDP, WWF dan Kedubes Belgia. (Nala)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *