Guru Sebagai Pelaku Sejarah Dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

  • Whatsapp

HARIANKUTIM.COM, Teluk Pandan – Pelaksanaan Hari Guru Nasional dilingkup UPT pendidikan Teluk Pandan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena diramaikan dengan berbagai lomba tradisional. Senin (25/11/2019).

Camat Teluk Pandan Drs.H.Amir selaku inspektur upacara menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan.

Bacaan Lainnya

Dalam upacara tersebut turut hadir Sekcam Teluk Pandan, Kapolsubsektor,Koramil, Kepala UPT pendidikan, beserta Kades Teluk Pandan.

Baca Juga: Meriahkan Peringatan Hari Guru Dengan Karnaval Budaya

Pemberian penghargaan diberikan kepada ibu Winda Nur Andini,S.Pd salah satu guru dari SDN 004 bersama ibu Eko Suswandari,S.Pd sebagai guru berprestasi.

“Kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dan bertujuan memupuk rasa solidaritas sesama giru pendidik di wilayah kecamatan Teluk Pandan”, ungkap Wiyono, selaku ketua PGRI Kecamatan Teluk Pandan.

Peserta Lomba Tradisional Dalam Peringatan Hari Guru Nasional 2019

Dalam memeriahkan HUT Guru Nasional tahun ini, panitia juga menyuguhkan berbagai lomba, diantaranya: lomba rangking 1, estafet air dan balap karung. Selain itu yang sangat menarik perhatian dari para guru pendidik sebanyak 200 peserta yang hadir adalah Lomba Engrang, engrang sebagai permainan, sekaligus olahraga tradisional Indonesia yang pernah populer di tahun 1900an.

“Dalam menggali budaya kami berusaha memunculkan permainan tradisional sebagai ajang hiburan dalam sebuah perlombaan”, ujar Arman Wahzan selaku inisiator lomba Engrang. “namun sayangnya didaerah- daerah terpencil saja yang masih membudidayakan permainan Engrang ini”, tambahnya.

Baca Juga: SDN 002 Sangatta Utara Sukseskan Gerakan Literasi Sekolah Melalui Buku Karya Guru

Senada dengan Kepala UPT Pendidikan Syahrani, menerangkan “bahwa Permainan atau olahraga tradisional harus tetap dipertahankan, karena dia merupakan bagian dari sejarah dan olahraga sebagai kearifan lokal serta berharap agar kegiatan – kegiatan seperti ini terus ditingkatkan setiap tahunnya”, ucap Kepala UPT itu. (HK)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *