Heboh Pramuka Makan Beralas Tanah, ini kata Adhyaksa Dault

HarianKutim.com – Kabar kurang menyenangkan datang dari Gerakan Pramuka Indonesia. Sabtu (25/3), Adhyaksa Dault yang kini menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia mengunggah sebuah foto yang menimbulkan kritikan tajam netizen Indonesia.

Berikut isi instragram tersebut:

Assalamualaikum Wr.Wb. Salam Pramuka. Pagi ini (25/03/2017) di grup wa, saya menerima foto beberapa Pramuka makan bersama di suatu tempat, namun nasinya ditaruh di rumput tanpa alas. Saya cek, foto tersebut sudah menyebar di media sosial, dan mendapatkan kritik keras bahkan kecaman dari anggota Gerakan Pramuka. Saya tegaskan ini bukan bagian dari pendidikan dan pembinaan di Gerakan Pramuka, saya sangat menyayangkan ini. Saya pastikan bahwa pembina kegiatan tersebut belum mengikuti atau memenuhi kualifikasi pelatih dan pembina Pramuka. Sebagai informasi, setiap harinya, ada ribuan kegiatan Gerakan Pramuka dilaksanakan di sekolah-sekolah dan alam terbuka di seluruh Indonesia, dan semua kegiatan Pramuka itu mendidik, menggembirakan, menginspirasi serta menyenangkan, menguatkan persaudaraan anak-anak kita. Saya sudah berkoordinasi dengan Kak Prof. Dr. Suyatno, M.Pd (Kepala Pusdiklatnas Kwarnas Gerakan Pramuka), Kak Prof. Dr. Ir. S Budi Prayitno, M.Sc (Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Muda), Kak Dr. Susi Yuliati (Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Dewasa), dll Saya minta agar Panitia kegiatan tersebut ditegur dan diberikan pembinaan. Kejadian ini harus dijadikan pelajaran berharga, dan tidak boleh terulang kembali. Kita akan selesaikan ini dengan sebaik-baiknya. Paling lambat Senin, 27 Maret 2017, masalah ini sudah jelas duduk perkaranya dan selesai. Sebagai penutup, saya serukan kepada Pramuka dimanapun berada: Ada ribuan foto dan video kegiatan Pramuka di setiap telepon genggam dan labtop anak Pramuka, saya minta posting, upload semua foto dan video tersebut di medsos. Agar dunia tahu bahwa kegiatan Pramuka itu mendidik, menggembirakan, menginspirasi serta menyenangkan, menguatkan persaudaraan anak-anak kita. Jangan sampai karena satu foto makan tanpa alas Gerakan Pramuka tercoreng. Terima kasih saya haturkan kepada Kakak-Kakak Pramuka dan masyarakat atas masukannya untuk kebaikan dan kemajuan Gerakan Pramuka. Wassalamu’alaikum Wr.Wb. Salam Pramuka. Jakarta, 25 Maret 2017. Hormat saya, Kak Adhyaksa Dault (Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka)

Dalam foto yang diunggah di akun Instagram resminya (@adhyaksadault), terlihat bagaimana sekelompok pelajar berseragam Pramuka tengah makan bersama-sama.

Parahnya, nasi dan lauk yang dimakan para Pramuka tersebut diletakkan begitu saja di atas tanah dan rerumputan, tanpa menggunakan alas apapun. Adhyaksa Dault langsung membandingkannya dengan sebuah foto lain yang menunjukkan kegiatan Pramuka yang hampir sama.

Bedanya, kegiatan makan bersama ini menggunakan alas terpal yang masih dilapisi lagi dengan daun pisang.

Dalam keterangan fotonya, Adhyaksa menyatakan bahwa prosesi makan tersebut bukanlah bagian dari pendidikan dan pembinaan di Gerakan Pramuka. Ia memastikan akan menegur dan melakukan pembinaan kepada Panitia kegiatan tersebut.

(Kegiatan pramuka yang dikritik Adhyaksa Dault)

Adhyaksa juga menyangkan kejadian tersebut. Menurutnya, kegiatan dalam foto tersebut berkebalikan dengan kegiatan Pramuka yang mendidik, menggembirakan, dan menginspirasi. Dia menjamin akan memberikan sanksi tegas terhadap pembina dan pelatih kegiatan dalam foto tersebut.

 

(Editor: Syam ibn Affan/Sumber: kumparan)

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Milad SD Alam Baiturahman Bontang Tanam 1.000 Pohon

Irawansyah Beri Arahan Dewan Hakim MTQ untuk Profesional