HUT Kutim Ke-20, K-PLUS Buka Lelang Lukisan Untuk Bencana Kemanusiaan

HARIANKUTIM.COM, Sangatta – Komunitas pelukis sangatta (K-Plus) berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan Kutim, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kutai Timur yang ke -20 Tahun, mengusung semangat kebersamaan. Ide ini tertuang dalam karya mural di dinding pintu masuk utama dengan menampilkan lepa-lepa.

Lepa-lepa merupakan armada pesisir untuk mengarungi lautan dengan dayung sebagai sarana utama menembus gelombang yang digerakkan dengan semangat kebersamaan. Nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong kini sudah semakin luntur dalam gerak bermasyarakat. Alasan ini yang mendasari karya mural ini agar menjadi pengingat bagi kami dan harapannya juga pengingat untuk semua warga agar terus terinspirasi oleh semangat kegotongroyongan dalam hidup bermasyarakat.

Sebanyak lebih dari 46 karya lukis ditampilkan di area Lt 2 Graha Expo Bukit Pelangi. Karya ini mewakili karya dari generasi muda (usia SD sd SMA) hingga generasi yang lebih tua dengan semangat muda, Rabu (09/10/2019).

Ada yang istimewa dalam gelar karya di HUT Kutim ke 20, yakni dengan menampilkan karya anggota K-Plus yang lolos seleksi dalam ajang Nasional, Pameran Besar Seni Rupa 7, Kayuh Baimbai di Big Mall dan Taman Budaya Samarinda. Karya tersebut berupa karya lukis, karya mural, karya desain dan karya instalasi.

“Kami dari komunitas pelukis sangatta (K-Plus) merupakan sebuah wadah berkesenian yang ingin selalu maju bersama, bermitra dengan siapa saja, dan dengan latar belakang yang berbeda beda hingga terbentuk kebinekaan yang saling menghargai”, ucap Agung Suroso, Wakil komunitas K-Plus.

Selain gelar karya, ada juga kegiatan lomba lukis untuk SMP dan SMA yang disupport penuh oleh Dinas Kebudayaan Kutim. Peserta yang turut berpartisipasi dalam ajang lomba ini melebihi target panitia, dengan hasil karya yang luar biasa. Agenda ini sebagai salah satu cara untuk mendorong generasi muda dalam kegiatan positif yang sekaligus ajang pencairan bakat untuk generasi penerus pelukis Sangatta.

Dalam kesempatan ini akan dilelang sebuah lukisan kolaborasi anggota K-Plus dengan pengunjung gelar karya lukis. Hasil lelang akan didonasikan untuk bencana kemanusiaan, salah satunya bencana kebakaran, dan sampai hari ini penjualan lukisan sudah terjual 1 buah oleh Dandim 0909 sangatta dengan seharga 5 juta. (Hk)

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

LATAMA HMJ Tarbiyah STAIS Kutim Atasi Permasalahan Makalah Mahasiswa

Prajurit Naik Pangkat, Kodim 0909/Sgt Harap Sikap Dan Perilaku Lebih Bermakna