IGI Kutim Datangkan Penemu Metode Menemubaling

HARIANKUTIM.COM – Serangkaian acara seminar dan Workshop yang dilaksanakan di gedung serbaguna Komplek perkantoran Bukit Pelangi dimulai pada tanggal 25 Januari tahun 2017 diawali acara pelantikan pengurus IGI Kabupaten Kutai Timur periode 2017-2022 oleh ketua IGI Kalimantan Timur yang disaksikan langsung oleh Bupati Kutai Timur Bapak ismunandar serta jajaran SKPD dan 1200 guru-guru dari Kabupaten Kutai Timur kemudian dilanjutkan pengukuhan Kabupaten Kutai Timur sebagai Kabupaten literasi oleh Bapak Bupati Kutai Timur.
Sebelum acara seminar dimulai ketua IGI pusat Muhammad Ramli menyampaikan sekilas tentang IGI, kemudian dilanjutkan acara seminar literasi yang disampaikan oleh Bapak Ahmad Sururi dia adalah pakar literasi Indonesia.

Workshop “memaksimalkan android untuk pembelajaran” dimulai Tanggal 28 Januari 2017 di Pendopo rumah jabatan Bupati Kutai Timur, bertepatan dengan hari Imlek yang dihadiri oleh 120 peserta dari 140 dari berbagai Kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Timur antara lain Kecamatan Muara wahau, Kongbeng, Bengalon, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk pandan dan sekitarnya.

Pemateri workshop adalah pemenang Asia Pacific inovatif Teacher’s competition tahun 2007 sekaligus widyaiswara LPMP Jawa Tengah bapak mampuono selaku penemu aplikasi menemu baling. Aplikasi menemu baling digunakan untuk meningkatkan motivasi dan memudahkan guru dalam menulis, menemu baling merupakan metode menulis dengan mulut membaca dengan telinga.
Bapak mampuono menjelaskan Bagaimana cara menginstal aplikasi menemu baling di perangkat tablet/smartphone yang dimiliki oleh peserta, peserta sangat antusias mengikuti serangkaian worksop mulai dari mendownload aplikasi pada tablet/smartphone masing-masing.

Di sela-sela download aplikasi bapak mampuono menjelaskan Lima Langkah dalam menulis antara lain: pertama, prewriting (pramenulis) yang meliputi brainstorming, listing dan mind mapping. kedua drafting ketiga tahap revisi keempat editing dan yang kelima adalah publishing.

Setelah aplikasi menemu baling dan aplikasi yang lain yang mendukung ter unduh para peserta mencoba membuat tulisan secara kelompok dalam waktu yang singkat dengan menggunakan langkah-langkah yang telah dijelaskan oleh pemateri yang kemudian di presentasikan hasil tulisannya.
Citizen jounalism N. Nufus

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

IGI Kutim Siapkan 120 Guru Jadi Guru Hebat

Mengenal Fitur Smart View pada Smartphone