Jelang MTQ Tingkat Provinsi, Kafilah Kutim Ikuti Training Center

HARIANKUTIM.COM, Sangatta – Menjelang pergelaran Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XLI tingkat Provinsi Kalimantan Timur, LPTQ Kutai Timur mempersiapkan diri dengan mengadakan Training Center (TC) selama 9 hari dimulai pada 18-26 Agustus 2019.

Pelaksanaan tersebut dipusatkan di Hotel MS Sangatta. TC ditujukan untuk membantu setiap peserta yang akan mewakili Kutai Timur pada MTQ Tingkat Provinsi di Paser Pekan depan.

Setidaknya ada 42 orang peserta TC yang akan menjadi bagian dari Kafilah Kutai Timur nantinya. Mereka akan diberikan pelatihan dan arahan oleh pelatih sebanyak 15 orang.

“Peserta yang Ikut 42 orang. Mereka nantinya akan mendapatkan pelatihan tentang permusabawlqahan. Pelatih yang disiapkan ada utusan dari Provinsi 6 orang, dan dari kabupaten 9 orang”, terang Arafah selaku Ketua Panitia.

Ketua LPTQ Kutai Timur, Irawansyah, menyampaikan bahwa mereka yang menjadi peserta TC kali ini merupakan para juara MTQ tingkat Kabupaten pada tahun 2018 di Karangan. Hal ini disebabkan pelaksanaan MTQ Kabupaten tahun 2019 baru akan digelar Oktober nanti.

“Qori dan Qoriah ini adalah hasil juara di Karangan, nanti akan MTQ Tingkat Kabupaten Kutai Timur rencananya setelah atau menjelang HUT Kutai Timur (Oktober)”, ujarnya.

Dalam MTQ Tingkat Provinsi nantinya, Kutai Timur ditargetkan bisa masuk kategori 5 besar. Menurut Kepala Kantor Kemenag Kutai Timur, sejauh ini Kutai Timur dianggap sebagai kelompok 6 kebawah.

” Di pertemuan Kemenag se-Kaltim, kita dikelompokkan ke enam kebawah. Dengan training center ini semoga kita bisa masuk 5 besar”, kata Ambotang.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kutai Timur yang hadir membuka kegiatan ini tidak mempermasalahkannya. Yang terpenting yang dikirim nantinya adalah putra-putri Kutai Timur sendiri. Ia optimis selama proses pembinaan berjalan dengan baik, prestasi juga akan membaik.

“Gak papa juara 6 yang penting anak-anak kita sendiri. Daripada juara 1-2 tapi ketika mau dibawa ketingkat nasional pada pulang kampung (bukan dari Kutai Timur).Tapi kalau anak-anak kita dikembangkan dengan baik pasti nanti bisa naik”, ujar Ismunandar dalam sambutan.

Disisi lain ia juga mendukung peserta TC agar bisa meraih hasil maksimal. Bahkan pemerintah akan memberikan bonus separuh dari juara PORPROV bagi yang berhasil menyabet juara di MTQ Provinsi nantinya.

“Bonus bagi yang juara, separoh dari Porprovlah. Kalau juara 1 Porprov 50 juta, kalau juara 1 MTQ kita kasih 25” pungkasnyanya.(Zk/003)

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Teluk Perancis Jadi Saksi Pengibaran Bendera Merah Putih

pemuda pancasila kutai timur

Musyawarah Cabang V Pemuda Pancasila Kabupaten Kutai Timur