Jelang Musda, OKP Usung Nama Calon Ketua Baru DPD KNPI Kutim

  • Whatsapp

HARIANKUTIM.COM, Sangatta- Menjelang Musyawarah Daerah (Musda) DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kutai Timur, yang rencananya akan digelar pada akhir Maret 2020. Wakil Ketua KNPI Kab Kutim Ises Roby Paul didampingi Ketua GAMKI Kab Kutim Lukas Himuq, SH dan Tony KNPI Kecamatan Bengalon, sepakat bersama-sama Organisasi Kepemudaan (OKP) dan KNPI Kecamatan – Kecamatan untuk mengusung nama calon Ketua dalam MUSDA KNPI Kab Kutim 2020.

“Kami tetap optimis, walaupun minim informasi yang kami dapat dan waktu sudah semakin dekat. Tetapi kami pastikan bahwa kami siap menghadirkan demokrasi pemuda dan mengusung Calon Ketua Baru.” tegas Ises Roby Paul.

Ditambahkan oleh Tony KNPI Bengalon, bahwa beberapa OKP dan KNPI kecamatan sudah menyatakan dukungan pada figur yang dianggap tepat memimpin DPD KNPI Kutim kedepan.

“Jika dua puluh persen dukungan sebagai syarat, tentu sudah lebih dari cukup untuk mengusung calon Ketua Baru di tubuh DPD KNPI Kutai Timur,” ungkap Tony.

Hal senada muncul dari Ketua GAMKI Kab Kutim Lukas Himuq, SH, dimana dirinya terus melakukan koordinasi dengan pihak SC yang telah terbentuk untuk melaksanakan Musda DPD KNPI.

“Kami terus berkordinasi dengan SC yang telah terbentuk dan kami berharap bisa mendapat informasi informasi terkait dengan proses pemilihan ini, karena semua orang memiliki hak yang sama. Mari kita tunjukan demokrasi yang baik dan kita hindarkan aklamasi karena pemuda jangan di bawa dalam ranah politik kompromi tapi demokrasi harus terjadi,” tegasnya.

Lebih jauh Ketua GAMKI Kutim berharap bahwa penting adanya regenerasi dan pembaharuan untuk menyikapi situasi dan perkembangan daerah saat ini. Secara khusus dalam menyambut IKN yang baru, KNPI Kutim harus berbuat lebih dan berperan sehingga jangan terlena dengan acara-acara yang bersifat seremonial.

“Secara internal KNPI-KNPI Kecamatan harus jalan dan di besarkan bersama-sama bukan hanya terpusat di beberapa kecamatan saja. KNPI itu milik OKP- OKP yang berhimpun di dalam KNPI, sudah seharunya OKP-OKP juga di perhatikan sebagai laboraturium pemuda, bukan hanya cenderung pada beberapa OKP saja. Hal ini yang mendorong kami kemudian bersikeras mengusung Ketua Baru,” tegas Lukas Himuq.

Bahkan salah-satu tokoh senior HMI Kabupaten Kutai Timur, Rahmad Giling atau yang biasa dipanggil Bung Ragil bersama dengan Ketua KNPI Kecamatan Sangatta Utara Ibnu Yusmara, memberikan pandangan yang sama dengan tokoh-tokoh pemuda lainnya.

“kita tetap menghormati serta mendukung jalannya proses demokrasi ditubuh KNPI ini,” ujar Ragil sembari diamini Ibnu Yusmara.

Lebih jauh Robby mengatakan, hingga saat ini nama-nama yang akan diusung dalam Musda DPD KNPI Kutim masih dinamis dan banyak kader kader OKP dan unsur pengurus saat ini yang di anggap strategis buat di dukung. Kita perlu untuk melakukan konsolidasi secara menyeluruh, yang melibatkan pengurus kecamatan, organisasi kepemudaan, organisasi kemahasiswaan, organisasi keagamaan, OKP Parpol dan OKP-OKP lainnya, serta juga KNPI Kecamatan. Kami mengutamakan Kandidat Calon Ketua Baru yang mendukung dan selaras dengan program program pemerintah, sehingga pemuda bisa berperan aktif mengambil bagian dalam percepatan pembangunan kabupaten Kutai Timur.

“Yang jelas kami dan seluruh OKP di Kutim, berada dalam Koalisi Kebangsaan Pemuda Kutai Timur,” tegas Robby.(hk)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *