http://wp.me/a8lLAR-1H3
Home / Sangatta / Kader PMO TB UPT Puskesmas Teluk Lingga Adakan Sosialisasi TBC di SD YPPSB 3

Kader PMO TB UPT Puskesmas Teluk Lingga Adakan Sosialisasi TBC di SD YPPSB 3

Sangatta – Kader Pengawas Menelan Obat (PMO) bekerjasama dengan UPT Puskesmas Teluk Lingga mengadakan sosialisasi TBC di aula SD YPPSB 3, Selasa (13 /3).

Sosialisasi TBC ini diprakarsai oleh PPTI (Persatuan Perkumpulan Tuberkulosis Indonesia) dengan dikhususkan pada semua peserta didik kelas 5 SD YPPSB 3.

Dengan menggunakan jargon “TOSS TB” Temukan TB Obati Sampai Sembuh, PPTI mengajak peserta didik untuk mengenal tentang TB. Sementara peserta didik kelas 5 SD YPPSB 3 dengan seksama memperhatikan pemaparan dari pemateri kades PMO.

Pada awal pembukaan pemateri menyampaikan bahwa TB merupakan kuman nico bakterium tuberculosis yang dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan.

Untuk mengetahui tanda dan gejala penyakit TB, dapat diketahui dengan batuk berdahak lebih dari 2 sampai 3 minggu, demam berkeringat pada malam hari tanpa aktivitas, sesak nafas, berat badan turun atau tidak naik, dan tidak ada nafsu makan.

Sementara cara penularan TB dapat menular melalui udara saat pasien batuk bersin atau berbicara. “TB tidak menular melalui transfusi darah, air susu ibu, dan alat makan minum yang telah dicuci.” ujar pemateri.

Lebih lanjut menurut pemateri, bila terkena penyakit TB, yaitu melakukan pengobatan TB secara teratur selama 6 bulan (diawasi orang tua petugas kesehatan atau dokter).

Di akhir sosialisasinya pemateri memberikan tips bagaimana melakukan pencegahan terhadap TB,yaitu imunisasi BCG saat bayi, membuka jendela setiap hari dan mengusahakan sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah, menutup mulut maupun hidung apabila ada orang batuk maupun bersin, jemur dengan teratur alat-alat tidur seperti kasur bantal tikar dan selimut, makan makanan bergizi dan seimbang, tidak merokok.

“Bila mengalami penyakit TB segera memeriksa diri ke puskesmas, dan olah raga dengan teratur,” tutupnya. (Sismanto/Nala)

Leave a comment

About Harian Kutim

Check Also

Masyarakat Bengalon Terkesan Proses Tambang KPC

Sejumlah perwakilan masyarakat dan Pemerintah Kecamatan Bengalon mengaku terkesan melihat proses pembangan PT Kaltim Prima …

KPC Raih PROPER Hijau Pengelolaan Lingkungan

Jakarta-PT Kaltim Prima Coal (KPC) meraih peringkat Hijau, pada Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) …

KPC Pembayar Royalti Tertinggi Dapat Penghargaan IMA Awards

PT Kaltim Prima Coal (KPC) meraih penghargaan dari Indonesian Mining Association (IMA) Awards 2018, sebagai …

Leave a Reply

%d bloggers like this: