Kak Sumino Nahkodai Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kongbeng 2017 -2022

 

Kongbeng, HarianKutim.Com – Tanggal 20 April 2017, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kongbeng telah menggelar kegiatan musyawarah ranting, yang selanjutnya disebut Musran. Musran merupakan kekuasaan tertinggi yang menurut AD/ART Gerakan Pramuka, Munas tahun 2013 dilaksanakan 5 tahun sekali.

Ibarat harga, tanggal 20 April 2017 tersebut merupakan harga mati yang disusun panitia yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, disebabkan selepas tanggal tersebut, selain berbenturan dengan kegiatan memperingati Hari Kartini, tetapi juga seiring dengan tahapan Ujian Nasional tingkat SD. Sangat disayangkan, tanggal 20 hingga 22 April ada sebagian guru mengikuti diklat penulisan KTI/PTK di SMPN 1 Kongbeng, sehingga jumlah peserta Musran tidak seperti yang diharapkan. Seharusnya ada 22 pangkalan yang diperkirakan bisa hadir, namun yang hadir hanya 17 pangkalan. Meskipun begitu Musran tetap dilaksanakan karena dinyatakan mencapai kuorum.

Kegiatan Musran Kongbeng 2017 dimulai pukul 07.30 hingga 15.00 Wita yang dibuka secara resmi oleh Kepala UPT Pendidikan Kongbeng selaku unsur Mabiran, Kakak Ismail, S.Pd.SD. Dalam sambutannya beliau menjelaskan, diperlukan kerjasama yang baik dari berbagai pihak terkait, saling bersinergi untuk melancarkan jalannya roda keorganisasian Gerakan Pramuka di Kwartir Ranting Kongbeng. Untuk dapat bersama-sama mencapai tujuan Gerakan Pramuka, diperlukan kerelaan mengabdi dan keihklasan berbakti dengan penuh dedikasi.

Agenda Musran Kongbeng, diantaranya berisi evaluasi laporan pertanggungjawaban Kwarran Kongbeng masa bakti 2011-2016, sidang komisi dan sidang paripurna. Komisi A membahas organisasi dan kepengurusan termasuk tata cara pemilihan ketua kwarran, sedangkan komisi B membahas tentang program kerja 5 tahun yang akan datang. Alhamdulillah kesemuanya dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan usai lebih cepat, karena rapat dan diskusi berlangsung tidak alot dan seluruh peserta dapat hadir. Ketua komisi A dan komisi B melaporkan hasil rapatnya secara gamblang kepada seluruh peserta sidang.

Akhirnya, kesimpulan yang dapat dilaporkan dari kegiatan Musran Kongbeng 2017 ini adalah terpilihnya Kwarran Kongbeng yang baru. 5 tahun kedepan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kongbeng akan di nahkodai Kak. Sumino, S.Pd. Semoga ditangan beliau, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kongbeng lebih dapat menunjukkan eksistensinya sebagai organisasi gerakan pramuka yang solid, yang turut memperjuangkan kesuksesan revitalisasi gerakan pramuka, yang dapat mengurus seluruh gugus depan yang ada di Kongbeng dengan baik dan sungguh-sungguh, serta yang dapat ikut membentuk adik-adik didik anggota pramuka menjadi pribadi-pribadi berkarakter tangguh. Semoga perjuangan para pembina dapat menghasilkan output mumpuni sehingga mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang ilmu, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Apreasiasi yang setinggi-tingginya kepada Kak Ismail yang berkenan hadir selama proses Musran dan ucapan terima kasih tiada terhingga kepadanya, yang telah berkenan membuka dan menutup Musran Kongbeng 2017.

Terimakasih juga kepada seluruh kakak-kakak pembina yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada Gerakan Pramuka berupa meluangkan waktu untuk hadir menjadi peserta Musran Kongbeng 2017. Hasil Musran Kongbeng 2017 akan segera dilaporkan ke Kwartir Cabang Kutai Timur, dengan harapan semoga akan segera dapat dilaksanakan agenda pengukuhan kepengurusan Kwartir Ranting Kongbeng masa bakti 2017-2022.

 

 

Citizen Journalism Setyati

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

GP Ansor Kutai Timur Gelar Seminar Nasional Aswaja dan Islam Nusantara

Buka Seminar Nasional GP Ansor Kutai Timur, Irawansyah Launching Koin Nasional