Kaltim Raih Penghargaan Kedua Penanganan Konflik Sosial

  • Whatsapp
Kaltim Raih Penghargaan Kedua Penanganan Konflik Sosial
Kaltim Raih Penghargaan Kedua Penanganan Konflik Sosial

hariankutim.com – Sukses Kalimantan Timur menangani  gangguan dan konflik sosial yang terjadi diapresiasi pemerintah pusat. Mendagri memberikan penghargaan kepada Kaltim sebagai peringkat kedua dalam Capaian Kinerja Pelaksanaan Rencana Aksi Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tingkat Provinsi Tahun 2016, yang diterima Sekprov Kaltim, Rusmadi, Rabu (15/3).

Penerimaan penghargaan bertepatan pada Rakornas yang bertema “Optimalisasi Peran Tim Terpadu Dalam Pelaksanaan Koordinasi Penanganan Konflik Sosial di Tingkat Pusat dan Daerah” di hotel Bidakara, Jakarta.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2017, yang diikuti sekitar 1.500 peserta Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menyampaikan perlunya penanganan konflik sosial dilakukan secara sinergi, terpadu, dan terkoordinir, sehingga perlu dibentuk tim terpadu penanganan konflik sosial, baik di tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota.

Pembentukan Tim Terpadu sesuai dengan Peraturan Mendagri Nomor 42/2015 tentang Pelaksanaan Koordinasi Penanganan Konflik Sosial Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Langkah pencegahan konflik, penghentian konflik dan pemulihan pascakonflik,” ujar Mendagri.

Dalam rilis yang diterima hariankutim, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setprov Kalimantan Timur, Dr. Hj. Meiliana mengatakan Pemprov Kaltim mampu dan berhasil menangani konflik sosial yang terjadi di Kaltim, salah satunya pelaksanaan pilkada yang aman.

Keberhasilan Kaltim meraih penghargaan tersebut atas kerjasama seluruh perangkat pemerintah, TNI dan Polri yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda).

“Penghargaan ini merupakan apresiasi negara terhadap kekompakan semua unsur di  Kaltim,” tegasnya. (*)

 

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *