Khotmil Quran ke-6: Khatamkan Alquran dan Rayakanlah

  • Whatsapp

Sangatta, Pelaksanaan Safari Khotmil Qur’an malam ke-6 yang diselenggarakan oleh Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama Kabupaten Kutai Timur diadakan di Masjid Al Khair Jalan Hdayatullah, Jumat (16/6).

Tampak hadir rais suriah Nahdlatul Ulama Kutai Timur, Habib Muhammad Baqir, M. BA, wakil ketua PCNU Harun Rasyid, S.Ag dan Kaliman, M.Pd, wakil bendahara Muhammad Yasin, S.Hi, dan Ketua LTN NU Kutai Timur Sismanto, M.Pd.

Bacaan Lainnya

Mewakili pengurus cabang Nahdlatul Ulama Kutai Timur, Wakil ketua PCNU Kaliman, M.Pd dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk merayakan khotmil quran setiap mngkhatamkan al quran.

“Mari merayakan khatam quran dengan bersuka cita dan bersyukur dengan cara membaca doa khotmil quran dan doa birul walidain,” tutur Kaliman.

Lanjut Kaliman, di tengah isu adanya full day school dan penerapan 5 hari sekolah, dia mengajak membaca quran dengan target setiap semester minimal satu kali khatam ketika hendak raportan dan dirayakan.

Sementara Habib Hamid Assegaff dari Pasuruan yang didaulat sebagai pemberi Maidlah Hasanah bahwa saat khatam Alquran Nabi Muhammad SAW memanggil anak-anak dan istrinya. Karena menurutnya, Nabi melakukan hal tersebut merupakan saat doa ijabah.

“Salah satu sebab seseorang menjadi fakir adalah tidak mendoakan orang tuanya atau doa birul walidain,” jelas Habib Hamid.

Diceritakan sesorang anak yang memnggendong orang tuanya dari Khurasan (Iran) ke Arab untuk berhaji. Kemudian ditanyakan Apakah ganjaran atau pahala yang dilakukan anak tersebut sudah menutupi apa yang dilakukan oleh ibunya?

Menurut Abdullah Bin Umar, Tidak! tidak sampai membalas kebaikan yang dilakukan anak dibandingkan keikhlasan maupun kasih sayang yang diberikan oleh ibu kepada seorang anak, meskipun digendong dari khurasan sampai Mekah selama berhaji. (Sismanto/Nala)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *