http://wp.me/a8lLAR-1H3
Home / Sangatta / KPC Kembali Gelar Operasi Bibir Sumbing

KPC Kembali Gelar Operasi Bibir Sumbing

PT Kaltim Prima Coal (KPC) kembali menggelar bhakti sosial operasi bibir sumbing, yang dikenal sebagai salah satu program andalan CSR dalam bidang kesehatan masyarakat. Kali ini operasi dilakukan dalam rangka HUT KPC ke 37 tahun 2019 dan merupakan operasi pertama diselenggarakan di RSUD Kudungga.

Manager Community Empowerment KPC Yuliana Datubua mengatakan, hingga saat ini sudah terdaftar calon pasien sebanyak 32 orang. Mereka telah diinapkan di Wisma Prima KPC, untuk memudahkan tim medis dalam proses operasi berlangsung.

Kali ini RSUD Kudungga mendapat kehormatan sebagai rumah sakit penyelenggara operasi. Sebelumnya, operasi kerap digelar di Clinic SOS, RSUD AW Syahran, RS Restu Ibu Balikpapan dan RSUD Kanudjoso Balikpapan. Selain itu, tim medis bedah plastic juga merupakan tim dokter dari Smile Train, yang merupakan para dokter dari Indonesia.

“Ini terjadi karena tim dokter Indonesia telah memiliki kemampuan yang baik dalam operasi bedah plastic. Sehingga operasi bibir sumbing kali ini kita kerjasama dengan dokter dari Smile Train,” kata Wawan Setiawan, GM External Affairs and Sustainable Development KPC.

Sebelumnya, kegiatan operasi bibir sumbing dan luka bakar bekerjasama dengan tim dokter dari Interplast Australia dan New Zealand. Kegiatan bersama tim Interplast telah berlangsung sejak tahun 1993 dan telah berlangsung selama 19 kali.

Pada tahun 2019 ini merupakan operasi yang ke 20 dilakukan KPC. Hanya saja, kali ini lebih focus terhadap pasien bibir sumbing, tanpa pasien luka bakar. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, dari Jumat 25 April – Minggu 27 April 2019.

“Kegiatan operasi bibir sumbing ini telah kami lakukan sejak tahun 1993 silam. Terakhir kali lakukan pada tahun 2013 bersama dokter dari Interplast Australia dan New Zealand. Sekarang kami lakukan lagi bersama Yayasan Smile Train,” kata Wawan.

“Jumlah pasien yang telah dioperasi sebanyak 1.373 orang dan mereka telah kembali menjalani kehidupan yang normal dan produktif. Kami harapkan kegiatan kali juga berjalan sukses sehingga pasien bisa menatap masa depan yang lebih cemerlang,” tutup Wawan.
Kegiatan operasi didukung oleh berbagai perusahaan dan lembaga, antara lain, RSUD Kudungga, PT PAMA Persada, PT MKN, PT AELINDO, Hotel Victoria dan Helda Travel.(Silvester)

Leave a comment

About Harian Kutim

Check Also

Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim Terkesan Paska Tambang KPC

Dalam kunjungannya ke Sangtta, Sabtu (13/4), Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Kaltim Sutoyo SH MHum beserta …

Pimpin Ruqyah Massal Aswaja, Sismanto Fokus Dakwah Alquran Biruqyah

Sangatta, tidak kurang dari 300an orang mengikuti ruqyah massal yang diadakan Jami’ah ruqyah Aswaja cabang …

Raih Penghargaan Kementrian Keuangan, KPC Wajib Pajak Besar Taat

Setelah meraih penghargaan sebagai perusahaan penyumbang Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) tertinggi akhir tahun 2018 …

Leave a Reply

%d bloggers like this: