Lahirnya IKAPETE Cab. Kabupaten Kutai Timur

  • Whatsapp

HARIANKUTIM.COM, Sangatta- IKAPETE adalah singkatan dari Ikatan Alumni Pesantren Tebuireng yang berpusat di Jombang Jawa Timur. Pesantren Tebuireng, didirikan oleh Hadaratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari pada tahun 1899 (tepatnya 121 tahun yang lalu) sampai hari ini telah mencetak ribuan alumni yang tersebar keseluruh pelosok nusantara atau bahkan keseluruh penjuru dunia.

Selain itu, para alumni Pesantren Tebuireng telah banyak berkiprah disegala bidang mulain menjadi Kiyai, Penjabat, Akademisi, Seniman dan yang lainya. Artinya adalah, lulusan pesantren sesungguhnya memiliki kemampuan yang sangat mumpuni dalam segala bidang sebab kami di Pesantren Tebuireng selain dididik pelajaran agama (ilmu alat, hadis, ulumul quran, fikih dll), pelajaran umum juga diajarkan, lebih-lebih pendidikan etika-moral menjadi salah satu baromater sebagai seorang santri, kata bijak bilang “jika belajar ilmu, pasti ada jurusan dan fakultasnya, namun ketika belajar etika-moral takan pernah ada universitasnya”

seperti yang diungkapkan oleh Dr. Hartono yang kebetulan didapuk sebagai Ketua IKAPETE Cab. Kutai Timur sekaligus Dosen STAIS Kutai Timur, ia didampingi Sekertaris Sdri. Sri Laili Nurhidayatiningsih. S.Sos dan Bendahara Sdr. M. Wildan Satrio Nugroho.

Lahirnya Ikapete Kutim, sesungguhnya hadir dari kesadaran bersama para alumni Pesantren Tebuireng (di dalamnya ada PP. Madrasatul Quran, PP. Almastsuriyah, PP. Seblak, PP. Darul Fallah, PP. Mualimat Walisonggo, PP. Al Aqobah, PP. Tebuireng Putri, dan Ponpes disekitar Tebuireng).

Kami bersama, meyamakan persepsi-komitmen sebagai alumni untuk selalu menjaga nama baik almamater, berakhlak terpuji, mencerminkan seroang santri, selalu mensuport semua aktivitas alumni dalam segala bidang dan lebih-lebih kita mampu mengaji dan mengakaji kitab-kitab karya Hadaratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari.

Hadirnya komitmen bersama sebagai sesama alumni di atas, akhirnya tepat pada tanggaal 5 Juni 2020 melahirkan kesepakatan untuk membuat cabang Ikapete yang ada pada saat ini. Kedepan, kami akan terus bergerak dan bekerjasama dengan Ikapete Pusat untuk terus mempromosikan Pesantren Tebuireng dan sekitarnya khususnya di Kabupaten Kutai Timur baik secara online ataupun terjun langsung ke beberapa sekolah setingkat SMP/MTs dan SMA/MA sebab di Tebuireng ada SMP-SMA Transains yang tidak ada ditempat lain, kemudian kami juga akan terus menjaring dan membuat data base para alumni Tebuireng lewat jaringan grup-grup media sosial yang ada sehingga harapanya semua mampu terkoneksi dan terintegrasi.

Terakhir, kami mengajak semua alumni Pesantren Tebuireng dan sekitarnya yang ada di Kabupaten Kutai Timur untuk bersatu padu, menjalin tali silaturrahim diantara kita, dan membangun serta mengabdi untuk bangsa dan negara ini. (Hk)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *