LTM NU Kutim : Allah Mewajibkan Berbuat Ihsan

  • Whatsapp

Sangatta, hariankutim.com — “Allah mewajibkan berbuat Ihsan terhadap segala sesuatu,” tema yang disampaikan Ustadz Abdullah Wasian, S.HI pada hari ke-9 pengajian kuliah subuh bulan Ramadlan yang diselenggarakan oleh Lembaga Takmiriyah Masjid (LTM) Nahdlatul Ulama Kabupaten Kutai Timur di Masjid Al Amanah, Simpang Karya Etam, Sangatta, minggu (4/5).

Wasian sapaan akrabnya Ustadz Abdullah Wasian, SHI juga menguraikan secara detail tentang Ihsan, bahwa Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam diutus ke dunia adalah untuk menyempurnakan akhlak (budi pekerti). “Untuk itu, wajib bagi siapapun untuk berbuat baik atau ihsan,” katanya.

Lanjut Wasian, berbuat baik sebagaimana diajarkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bahwa ihsan tidak hanya dilakukan kepada orang tua, kerabat ataupun manusia lainnya. namun Ihsan menurutnya, juga dilakukan kepada binatang.

“Jadi, hadist ke 17 Arbain Nawawi tentang berbuat Ihsan tidak hanya kepada manusia, menyembelih kepada hewan juga harus dengan ihsan,” tegasnya.

Sementara di tempat terpisah, Ahmadi, LC Ketua Lembaga Takmir Masjid NU membenarkan bahwa setiap subuh Lembaga Ta’mir Masjid NU memberikan kuliah subuh di masjid masjid dan mushola di daerah Sangatta Selatan maupun Sangatta Utara. “Saat ini masjid atau musholla yang bergabung untuk mengikuti jadwal kuliah subuh LTM – NU berjumlah 29,” Kata Ahmad saat memberikan briefing kepada para asatidz yang bertugas memeberikan pengajian kuliah subuh.

Para kiai dan ustadz yang mengisi pengajian selama bulan Ramadlan menggunakan kitab Arbain Nawawi. Menurutnya pembahasan kitab Arbain Nawawi selama sebulan ini bisa lebih utuh dan dapat dikhatamkan daripada tahun sebelumnya yang menggunakan kajian tematik. (Sismanto/Nala)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *