Mahasiswa Jadi Tumbal, Mapolres Kutai Timur Di Demo Mahasiswa KUTIM BERGERAK

HARIANKUTIM.COM, Sangatta – Aksi Mahasiswa memprotes pengesahan revisi UU KPK dan RUU KUHP menelan korban jiwa. Korban atas nama Muhammad Randi tewas tertembak peluru tajam pada saat demonstrasi di Kendari pada Kamis, 26 September lalu, kemudian disusul tewasnya Yusuf Qardawi setelah sempat dirawat di RSU Bahtera Mas Kendari. Keduanya adalah Mahasiswa Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara.

Menyikapi peristiwa tersebut, elemen Mahasiswa dan Pelajar Kutai Timur yang tergabung dalam KUTIM BERGERAK mengecam represifitas yang terjadi terhadap rekan mereka di Kendari. Ribuan mahasiswa mendatangi Mapolres Kutai Timur di Bukit Pelangi untuk menyampaikan protesnya terhadap aparat pada Senin siang. (30/09/2019)

Mahasiswa menganggap aparat gagal mengamankan unjuk rasa Mahasiswa. Sehingga tuntutan untuk mencopot Kapolda dan Kapolres adalah tuntutan rasional.

“Copot Kapolda Sulawesi Tenggara dan Kapolres Kendari. Aparat telah gagal memberikan rasa aman kepada mahasiswa dan tampak menjadi perpanjangan oligarki. Temukan dan adili pelaku”, ujar Presiden BEM STAIS, Muhammad Aldair Ananda.

Menyambut aksi Mahasiswa tersebut, Kapolres Kutai Timur, AKBP Teddy Ristiawan, turun lansung menemui peserta aksi. Ia mengaku bahwa Polisi adalah kawan mahasiswa dan sepakat untuk mendorong proses penyelesaikan kasus tewasnya Randi dan Yusuf , sebagaimana Polri telah membentuk Tim Investigasi.

“Polisi adalah kawan Mahasiswa, bukun musuh. Untuk peristiwa di Sulawesi Tenggara, saya sepakat bahwa pelaku harus ditindak tegas. Kapolri telah membentuk 2 Tim Investigasi dan sudah bekerja”, ujar Teddy menyambut mahasiswa.

Setelah disambut Kapolres, ribuan mahasiswa bergeser menuju Kantor DPRD Kutai Timur untuk menyuarakan tuntutan lainnya. Sebelumnya Kapolres sempat menandatangani kesepakatan untuk tidak represif terhadap aksi Mahasiswa di Kutai Timur dan menerima Boneka Mayat dari Mahasiswa sebagai tanda berduka. (Zk/003)

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Mahasiswa Tewas, PMII Kutim Gelar Aksi Solidaritas Di POLRES Kutim

Reformasi Di Korupsi, Mahasiswa KUTAI TIMUR BERGERAK Duduki Kantor DPRD