http://wp.me/a8lLAR-1H3
Home / Sangatta / Masyarakat Bengalon Terkesan Proses Tambang KPC

Masyarakat Bengalon Terkesan Proses Tambang KPC

Sejumlah perwakilan masyarakat dan Pemerintah Kecamatan Bengalon mengaku terkesan melihat proses pembangan PT Kaltim Prima Coal (KPC) di wilayah Bengalon, Kutai Timur. Hal itu terungkap dalam testimoni perwakilan peserta pada acara mining tour, Kamis (27/12) lalu.

“Memang benar hutan diolah dan digarap untuk penambangan batu bara, tetapi dengan mata kepala saya sendiri, kami melihat KPC menanam dan tanah yang awalnya tandus dalam 10 tahun sudah menjadi hutan kembali,” kata Agus S, Kepala Desa Sepaso Timur, usai acara mining tour.

“Untuk pengolahan air, sangat jernih dan bersih. Ternyata indikasi pencemaran air sungai yang dikeluhkan masyarakat akibat aktivitas penambangan tidak benar,” sambung Agus.

Hal senada disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Camat Bengalon Ernawati, SE. “Banyak sekali pertanyaan tentang operasi tambang milik KPC. Hari ini terjawab, bagaimana KPC beroperasi sesuai standar operasi yang baik dan sangat memperhatikan aktivitas sesudah penambangan, baik dari segi lingkungan dan manajemen limbah, ditangani secara professional” kata Ernawati.

Kegiatan tour tambang adalah acara yang sering digelar KPC di Bengalon dan Sangatta. Manager Bengalon Community Relations and Development (BCRD) Syahrulddin mengatakan, acara tersebut sebagai salah satu bentuk komunikasi dan silaturahmi antara KPC dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan unsur pemerintahan serta aparat keamanan.

Tak heran, pada acara tersebut hadir unsur Muspika Kecamatan Bengalon, Kapolsek Bengalon, Danramil, Camat, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Acara mining tour pada hari itu memperlihatkan proses reklamasi, produksi batubara dan pengelolaan air tambang.

Saat acara tour berlangsung, peserta berangkat menngunakan dua buah Manhaul Truck, pertama-tama ke pit A Bengalon untuk melihat langsung proses Reklamasi yang ada di wilayah tambang. Kurang lebih 30 menit, sepanjang perjalanan peserta mining tour disuguhi pemandangan khas jalanan tambang yang lebar dan hijaunya hutan di kanan dan kiri jalan.

Sesampainya di tujuan peserta dipersilahkan turun melihat banyaknya tanaman yang berhasil dibudidayakan KPC. Setelah itu dilangsungkan tanya jawab seputar reklamasi dan itu terjadi sangat interaktif selama acara berlangsung.

Peserta kemudian di bawa ke area pengolahan air tambang di Kelawitan Pond, dimana tim KPC menjelaskan proses awal pengolahan dan penyaringan air sebelum dialirkan kembali ke sungai-sungai yang ada di wilayah Bengalon.

Peserta diajak untuk melihat langsung pengolahan hingga proses baku mutu air sesuai standar pemerintah sehingga tidak mencemari air atau sungai sekitarnya.

Beranjak ke Pit B, Peserta kemudian diajak melihat proses peledakan (blasting) dari Bukit Pandang yang tersedia. Disini tim KPC menjelaskan proses penambangan batu bara, pemindahan overburden hingga pengangkutan top soil untuk proses reklamasi. Peserta terlihat antusias dan puas atas kunjungan mereka ke dalam areal tambang KPC Bengalon.(silv)

Leave a comment

About Harian Kutim

Check Also

KPC Kembali Gelar Operasi Bibir Sumbing

PT Kaltim Prima Coal (KPC) kembali menggelar bhakti sosial operasi bibir sumbing, yang dikenal sebagai …

Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim Terkesan Paska Tambang KPC

Dalam kunjungannya ke Sangtta, Sabtu (13/4), Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Kaltim Sutoyo SH MHum beserta …

Pimpin Ruqyah Massal Aswaja, Sismanto Fokus Dakwah Alquran Biruqyah

Sangatta, tidak kurang dari 300an orang mengikuti ruqyah massal yang diadakan Jami’ah ruqyah Aswaja cabang …

Leave a Reply

%d bloggers like this: