Mendikbud Minta Beri Teladan Anak Membaca 

Jakarta, hariankutim.com – Menterian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud)  Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M. AP, pada pembukaan acara Discovery 4, Gerakan Banyuwangi Membaca, di Taman Blambangan, Banyuwangi,  Sabtu (4/3/2017), “Beri contoh kepada anak bahwa membaca itu mengasikkan,” katanya.

Pada kesempatan ini Mendikbud memberikan edisi terbaru Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kepada Pemkab Banyuwangi yang diterima langsung Wakil Bupati, Yusuf Widyatmoko.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima harian kutim, Muhadjir menghimbau kepada orang tua dan guru agar bisa menjadi teladan dalam membimbing anak gemar membaca buku sejak dini. Ia juga meminta kepada orang tua maupun guru jangan menyuruh anak membaca tetapi berikan contoh dan teladan membaca pada anak.

Muhadjir melanjutkan bahwa banyak cara yang bisa diajarkan dalam pembelajaran membaca, yakni membuat ringkasan buku setelah selesai membaca buku.

“Hal Ini langkah yang tepat dalam mengenalkan budaya membaca kepada anak sejak dini,” ujar mantan rektor Universitas Muhammadiyah.

Di hadapan ribuan pelajar, Mendikbud memaparkan untuk mengajak orang tua dan guru kepada anak-anak untuk gemar membaca sejak dini. Ia meyakini, dengan penanaman budaya membaca sejak dini merupakan bagian dari pendidikan karakter.

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Tim Relawan Bergerak Bersihkan Masjid Al Muhajirin Kampung Kajang

Bupati Kutim; Lestarikan Lingkungan Budayakan Tanam Pohon