Mengenal Suku Dayak di Festival Budaya Insen Mulang

  • Whatsapp

HarianKutim.Com — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2017 yang akan berlangsung di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalsel pada 19-22 Mei 2017.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Guntur Talajan mengatakan, acara ini sebagai salah satu ajang promosi wisata di Kalimantan Tengah, dan mengenal wisata budaya dan berbagai macam kekayaan alam lainnya yang di miliki Kalimantan tengah.
“Ini salah satu upaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya dan potensi pariwisata Kalteng yang bertumpu pada daya tarik budaya, alam, dan wisata buatan, serta mendorong meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kalteng, yang menargetkan sebanyak 553 ribu wisatawan pada 2019,” kata Guntur Talajan di Jakarta, Senin 15 Mei 2017.
Guntur mengharapkan, ajang ini bisa menyedot perhatian puluhan ribu wisatawan dari nusantara maupun dari mancanegara. “Khusus untuk penyelenggaraan FBIM 2017 kita menargetkan 10.000 wisatawan nusantara dan 500 wisatawan mancanegara,” ujar Guntur.
Deputi Bidang Pengembangan Promosi Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti, memberikan apresiasi terkait penyelenggaraan FBIM 2017, sebagai sarana yang efektif untuk melestarikan, dan mengembangkan budaya masyarakat khususnya suku Dayak.
Selain itu, penyelenggaraan FBIM kini semakin meningkat baik dari jumlah kegiatan atau lomba maupun masyarakat yang datang. FBIM 2017 nanti akan menghadirkan 20 kegiatan utama. Semua kegiatan seni pertunjukan, dan permainan tradisional diangkat dari kearifan lokal masyarakat Kalteng.
Acara ini akan berlangsung di empat lokasi yakni, Taman Kota Sampit, Sungai Mentaya (Pelabuhan Patung Jelawat), Borneo Citymall, dan Stadion 29 Nopember Kota Sampit. (mus)

Source Viva.co.id

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *