Mushola Baitul Makmur Sangkima Adakan Perayaan Isro Mikroj

  • Whatsapp
Mushola Baitul Makmur Sangkima Adakan Perayaan Isro Mikroj

Sangatta, HarianKutim.Com – Perayaan isro’ mi’roj digelar di Mushola Baitul Makmur, Desa Sangkima, Sangatta Selatan dengan menghadirkan penceramah kondang dari Sangatta yang juga pengurus Nahdlatul Ulama Kutai Timur, Sismanto, M.Pd., Sabtu (15/04/2017) malam ini.

Mushola Baitul Makmur Sangkima Adakan Perayaan Isro Mikroj

Acara yang tepat dimulai pukul 20.30 wita tersebut, dihadiri sekitar 250 an peserta dan diramaikan oleh Jamiyah Sholawat Sunan Kalijogo dibawah asuhan Mantan kepala desa Sangkima, Ramadlan.

Salah seorang panitia, Mukhlis menyungkapkan bahwa acara tersebut murni swadaya masyarakat sekitar yang ingin mentradisikan perayaan isro mi’roj tetap diadakan di Musholla Baitu Makmur, Sangkima.

“Paihak panitia menyiapkan 400an kotak nasi yang didapatkan dari sumbangan sukarela warga, minimal masing-masing kepala keluarga menyiapkan 4 kotak nasi,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, penceramah dari Sangatta, Sismanto, M.Pd. mengajak kepada masyarakat yang hadir, bahwa isro’ mi’roj bukan hanya sebagai sebuah perayaan ritual, melainkan sebagai bentuk “Lelono Broto” seorang hamba kepada Sang Khalik nya.

Pada kesempatan itu juga, Sismanto menyampaikan bahwa oleh-oleh atau kado terindah yang didapatkan Rasulullah ketika melaksanakan Isra Mi’raj menjadi keniscayaan untuk dijalankan umat Rasulullah Muhammad SAW dengan penuh suka cita dan ketaqwaan yang sungguh.

“Shalat sebagai sebuah kado istimewa dari Rasul yang didapatkan dari Allah subhanahu wa ta’ala, hendaknya dijalankan secara Istiqomah, kontinu serta dilakukan dengan khusuk. Namun demikian, sulitnya menggapai kekhusukan dalam sholat itu bisa dieleminir dengan menambah ritual dan amalan dzikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ujarnya.

Mudah-mudahan dengan mentradisikan isro’ mikroj sebagai sebuah perayaan budaya maupun ritual keagamaan, akan menjadikan para hadirin yang hadir bisa mengambil ibroh dan manfaat, sehingga menjadi orang-orang yang bertakwa dan beriman serta mempunyai anak yang soleh dan solehah, Lanjut Sismanto. (Nala)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *