NU Kutai Timur Akan Adakan Safari Khotmil Quran

  • Whatsapp

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama akan menggelar Safari Khotmil Qura’n pada bulan Ramadhan dengan pelaksanaan mulai tanggal 11 Juni sampai dengan 23 Juni 2017, sebagaimana hasil keputusan musyawarah pengurus cabang Nahdlatul Ulama Kutai Timur di Masjid Nurul Iman, Kabo Jaya (3/6) lalu dan dipertegas dalam rapat panitia di Masjid Al Munawar Gang Rahmat, Sabtu (10/) semalam.

Koordinator kegiatan safari khotmil Qur’an selama bulan Ramadhan, Sismanto, M.Pd yang juga wakil sekretaris Nahdlatul Ulama Kutai Timur mengungkapkan dalam rapat panitia bahwa kegiatan safari khotmil qur’an tersebut merupakan program pengurus cabang Nahdlatul Ulama Kutai Timur yang perlu disupport secara bersama-sama.

Bacaan Lainnya

Sismanto melanjutkan bahwa kegiatan Safari khotmil Quran ini yang akan menjadi pelaksana program adalah Lembaga Ta’mir Masjid (LTM), sementara yang bertugas sebagai pelaksana lokal adalah dari masing-masing masjid yang bersangkutan.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah manusia akan tradisi yang telah berjalan selama puluhan tahun warga nahdliyin selama kegiatan Ramadhan mengkhatamkan Alquran selama bulan Ramadhan.

“Di setiap masjid dalam satu bulan bisa khatam beberapa kali. Untuk itu, pengurus cabang Nahdlatul Ulama ingin mengakomodir dan menginventarisir masing-masing masjid di setiap malam diadakan khotmil Qur’an secara bergantian,” jelasnya.

Menurutnya, bentuk acaranya dibuat sesederhana mungkin tanpa memberatkan pihak masjid yang bertepatan sebagai tuan rumah. “Khotmil Qur’an akan dimulai dari surat Ad Dhuha sampai surat An Naas, kemudian dibacakan doa khotmil Quran,” lanjut Sismanto.

Setelahnya, akan ada silaturahim dan sosialisasi program pengurus cabang Nahdlatul Ulama Kutai Timur yang diakhiri dengan kultum dari ustad lokal atau masjid yang ditempati. Apabila pihak masjid tidak menyediakan ustadz lokal, maka panitia penyelenggara akan mengusahakan ustadznya.

Berikut ini jadwal safari khotmil qur’an Ramadhan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kutai Timur.

1. Ahad, 11 Juni 2017 nuka Bersama dan Khotm Quran di Masjid Bumi Etam, sementara malamnya akan ada khotmil quran dan nuzulul Quran di Masjid Al Munawar, Gang Rahmat
2. Senin 12 Juni 2017, Masjid Al Furqan, Gg. Masjid
3. Selasa 13 Juni 2017, Masjid Al Ijtihad Gg Rejeki
4. Jumat 16 juni 2017, Masjid Al Khoir, jl. Hidayatullah
5. Sabtu 17 Juni 2017, Masjid Miftahul Janah, Gg Musholla
6. Senin 19 Juni 2017, Masjid Al Munawaroh, Poros Kabo
7. Selasa 20 Juni 2017, Masjid Mujahidin, Guru Suhaemi
8. Rabu 21 Juni 2017, Masjid Al Barokah Pinag Dalam
9 Kamis 22 Juni 2017, Masjid Raudlatul Muhibbin, Gang Merpati
10 Jumat 23 Juni 2017, Masjid Al Ikhlas, Jl. Apt Pranoto RT 38 Sangatta (*)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *