PBNU Hari Ini Gelar Halal Bihalal

  • Whatsapp

Jakarta¬†– Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) menggelar acara halalbihalal. Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh, mulai dari Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri hingga Rais Aam PBNU yang juga Ketum MUI Ma’ruf Amin.

Acara dimulai sekitar pukul 20.00 WIB, Jumat (7/7/2017), di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Ketum PBNU Said Aqil Siradj tampak menyambut tamu undangan.

Selain Ma’ruf Amin, hadir juga Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Komnas HAM Imdadun Rahmat, dan Komisioner KPI Ubaidillah.

Saat Ma’ruf Amin datang, seluruh peserta halalbihalal mencium tangannya. Termasuk Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri.

Acara halalbihalal PBNU bertema ‘Halal Bihalal adalah bagian dari Islam Nusantara’ itu turut juga mengundang beberapa Menteri Kabinet kerja seperti Menpora Imam Nahrawi, Kemendes Eko Putro Sandjojo, Menristekdikti Mohamad Nasir, Mensos Khofifah Indar Parawansa. Namun mereka belum tampak hadir.

“Halalbihalal berasal dari perintah Alquran untuk silahturahmi, Halalbihalal adalah ciri khas budaya Islam Nusantara,” ujar Said Aqil dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Said Aqil berbicara soal labelisasi budaya dengan agama. Bahkan dia sempat memberikan guyon mengenai hal itu.

“Jangan agama untuk budaya. Agama untuk kepentingan duniawi ya salah. Jangan demo pakai gamis,” canda Said Aqil.

“Orang Arab dulu pakai sarung, sorban jualan. Sekarang yang namanya Gatot disamarkan jadi Al-Khaththath,” lanjutnya.

Said Aqil juga berbicara mengenai budaya silahturahmi yang harus terus dijaga. Silahturahmi menurutnya harus diiringi dengan silatul afkar untuk mempertemukan pikir.

“Yang ketiga adalah untuk membangun kerja sama atau silatul a’mal. Yang keempat silatul arwah. Jadi ruhnya orang mukmin itu satu. Jadi Insyaallah kalau didoakan sama-sama pasti sampai tujuannya,” tutup Said Aqil.(elz/erd)

Source Detik

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *