Pembangunan Lapas Baru Tanjung Selor, Butuh Dukungan Kemenkum HAM

Pembangunan Lapas Baru Tanjung Selor, Butuh Dukungan Kemenkum HAM

Jakarta, HarianKutim.Com – Gubernur Kalimantan Utara, Dr. Irianto Lambrie bertemu dengan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (MENKUM-HAM) Bapak Yasonna Hamonangan Laoly di kantor KEMENKUM-HAM RI di Jakarta, Senin (17/4) siang.

Pembangunan Lapas Baru Tanjung Selor, Butuh Dukungan Kemenkum HAM

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Irianto menyampaikan beberapa rencana yang disiapkan untuk meningkatkan kepatuhan dan kesadaran hukum di Kaltara. Di antaranya, soal rencana pembangunan Lapas baru di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Lalu, pengembangan kapasitas blok tahanan di Lapas Tarakan serta peningkatan status Unit Layanan Paspor di Bulungan menjadi Kantor Imigrasi Bulungan.

“Kami meminta dukungan Kemenkum-HAM atas rencana pembangunan Lapas baru di Bulungan. Salah satu alasan alasan utamanya, Lapas yang ada di Kaltara, rata-rata telah over capacity,” ujarnya.

“Alhamdulillah Beliau sangat mendukung salah satu bentuk dukungannya, berupa kesiapan anggaran untuk rehab dan perluasan blok tahanan di Lapas Tarakan,” Lanjut Irianto.

Di situ juga akan direhabilitasi gedung Lapas lama (depan Lapas Tarakan yang dipinjam Imigrasi) untuk difungsikan menjadi Lapas dengan level minimum security.

Diinformasikan untuk kegiatan itu, dana yg disiapkan dari kementerian melalui APBN 2017 senilai Rp 5 miliar.

Bapak Menteri juga berkomitmen untuk mendukung pembangunan Lapas baru di Bulungan. Dukungannya berbentuk kesiapan anggaran penyusunan masterplan Lapas Bulungan, sumber daya manusia dan regulasi penggunaan dana CSR untuk pembangunan gedung tersebut. (Nala).

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Kemendikbud Serius Bentuk LPMP Kaltara

Garuda Indonesia Siap Akomodir Permintaan Menpar Terbangi Secondary City di China