Pembelajaran Qurban kepada Peserta Didik SMP Negeri 1 Teluk Pandan

HARIANKUTIM.COM, Teluk Pandan – SMP Negeri 1 Teluk Pandan kembali melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan qurban dalam hari raya Idul Adha 1440 H. Kegiatan dilaksanakan di lingkungan sekolah pada hari Selasa (13/08). Jumlah hewan qurban pada tahun ini adalah 1 ekor sapi.

Kepala sekolah, Rasyuni menyampaikan, “Pemotongan hewan Qurban yang dilakukan oleh anak didik di sekolah sebagai pengejawantahan pembelajaran KI sikap spiritual sebagai anak didik yang beragama Islam. Sejak dini dikenalkan dan ditanamkan nilai-nilai ibadah baik di lingkungan tempat tinggal masyarakat ataupun di lingkungan sekolah termasuk ibadah qurban walaupun masih tahap pembelajaran dan pengenalan penyembelihan hewan qurban dengan donasi patungan dari anak didik dengan sukarela untuk membeli hewan qurban.”

Kegiatan diawali dengan pemotongan hewan qurban yang disaksikan langsung oleh semua siswa. Siswa bertakbir, tahmid, dan tahlil menyebut Asma Allah pada setiap prosesi penyembelihan. Kegiatan berikutnya melakukan penyortiran daging secara bersama-sama. Daging yang diperoleh kemudian dibagikan kepada sejumlah siswa yatim piatu dan yang kurang mampu serta perwakilan beberapa siswa yang non muslim. Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Ada diantara siswa yang berjibaku untuk membantu mulai dari awal penyembelihan sampai pembagian.

Kegiatan ditutup dengan makan bersama keluarga besar SMP Negeri 1 Teluk Pandan. Orang tua, siswa dan guru makan bersama di halaman sekolah. Kegiatan berjalan dengan lancar dan khidmat.

Ketua panitia pembelajaran qurban, Arman Wahzan mengatakan bahwa “Kegiatan Qurban merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 1 Teluk Pandan. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan semangat berkurban bagi siswa dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.”

“Kegiatan qurban akan kita tingkatkan dari tahun ke tahun. Kegiatan ini merupakan partisipasi dari banyak pihak khususnya bagi peserta qurban. Semoga Qurbannya diterima oleh Allah SWT, semoga tahun depan akan ada qurban-qurban yang lebih banyak dari tahun ini,” ujar Ketua pelaksana kegiatan, Arman Wahzan. (Hk)

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Air Terjun Putri Meriya Destinasi Wisata Alam Karangan

BWI Kutai Timur Dilantik, Siap Tuntaskan Problematika Wakaf