Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Gerbang Kutai Timur

  • Whatsapp

HARIANKUTIM.COM, Teluk Pandan – Berbagai macam cara telah di lakukan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dalam memutus Penyebaran Wabah virus Corona Covid-19 yang menjadi momok bagi masyarakat Kutai Timur, Jumat (10/4/20).

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah maupun TNI/Polri serta instansi lainya, dalam penanganan dan pencegahan virus Corona.

Bacaan Lainnya

Menindak lanjuti surat edaran Bupat Kutai Timur No 180/16/HK.PUU/III/2020 terkait himbauan pencegahan pandemic virus Corona atau Corona virus Disease 19 (Covid-19) diwilayah Kutim, serta Salinan Keputusan Presiden RI No 7 tahun 2020 tentang Gugus tugas percepatan pencegahan virus Corona Disease 2019.

Maka Posko Gugus Tugas yang di bentuk sejak tanggal 3 April telah melakukan pencegahan Bagi kendaraan yang melintas memasuki wilayah kabupaten Kutai Timur.

Posko yang terletak di depan polsubsektor kecamatan Teluk Pandan ini terdiri atas gabungan TNI-POLRI, pemerintah kecamatan, UPT Puskesmas, PMI, Forum Lintas Desa serta Forum Komunikasi suka Rahmat.

Ketika ditemui awak media Kamis, (9/04) kemarin Disampaikan oleh Danramil 0909-07 Teluk Pandan Kapten Arh Muji Slamet bahwa “ada beberapa kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang kami lakukan selama posko ini di bentuk, yaitu penyemprotan disinfektan terhadap kendaraan yang masuk ke wilayah Kutai Timur, pengecekan suhu terhadap pengendara serta melaksanakan himbauan kepada pengguna jalan agar tetap menjaga kesehatan dan tidak bepergian apabila tidak ada hal yang penting”. Tutur Kapten Slamet.

Disamping kegiatan penempelan stiker bagi warga yang masuk daftar ODP, kami juga melakukan kunjungan pada Karyawan yang berada di mess perusahaan.

Senada dengan Sekcam Teluk Pandan Muhammad Junaid,M.Pd menyampaikan bahwa pencegahan virus Corona ini adalah tanggungjawab kita bersama untuk memutus rantai penyebaranya, disamping juga sebagai tugas negara yang telah dinstruksikan oleh pemerintah RI.

Lanjutnya Muhammad Junaid yang juga mewakili camat Teluk Pandan sebagai koordinator kegiatan juga menyampaikan bahwa “Teluk Pandan ini adalah gerbangnya Kutai Timur, dan berharap dari kegiatan pencegahan yang kita lakukan ini dapat meminimalisir penyebaran virus Corona masuk ke wilayah Kutai Timur, tidak lupa juga kami sampaikan ucapan terima kasih kepada PT.TRUSH, PT. IMM dan PT. PAMA atas partisipasi dalam kelancaran kegiatan ini” ucapnya.

Dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona di Kutai Timur, Masyarakat dan gabungan Gugus Tugas terus melakukan himbauan kepada masyarakat agar tetap melakukan Social Distancing dan hindari berkerumun, serta selalu memakai masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan.

Hal ini juga disampaikan kepada Kepala Desa Dusun dan RT agar menyampaikan kewarganya untuk melakukan isolasi diri apabila datang dari luar daerah serta melaporkan diri bila ada gejala yang dirasakan.

Gugus tugas ini dibagi menjadi dua shift yaitu kegiatan pada pagi hari yang dilaksanakan pada pukul 08.00 s/d 10.00 WITA, dan selanjutnya untuk sore dilaksanakan mulai jam 15.00 s/d 16.00. WITA.

Volume kendaraan setiap harinya rata-rata kurang lebih 50 kendaraan dan Alhamdulillah sampai saat ini pengguna jalan yang melintas memasuki wilayah Kutim yang telah dalam pemeriksaaan tim gugus tugas masih bersuhu normal”, ungkap Kapospol teluk pandan Iptu Iskandar. (HK02)

Comments

0 comments

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Semoga wabah virus coviq 19 ini cepat berlalu, sehingga kita semua dapat beraktifitas kembali seperti biasa serta kita semua dalam keadaan sehat walafiat, Aamiin

  2. Semoga wabah virus coviq 19 ini cepat berlalu, dan kita semua dalam keadaan sehat walafiat, Aamiin