Pengabdian Masyarakat Di Tengah Pandemi, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Sasar Mesjid Dan Tempat Ibadah

  • Whatsapp

HARIANKUTIM.COM, Sangatta – Program Kuliah Kerja Nyata yang umumnya dilakukan oleh mahasiswa, tetap berjalan walaupun tengah berada di situasi pandemi, serupa pada program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dari Universitas Muhammadiyah Malang, mahasiswa yang tergabung dalam kelompok PMM ini tetap melaksanakan kegiatannya dalam rangka pengabdian pada masyarakat tersebut.

Kelompok 33 PMM yang beranggotakan 5 orang ini memilih daerah kelurahan teluk lingga dan sekitarnya sebagai daerah pelaksanaan program PMM, bermula pada senin (17/08/2020) lalu hingga 2 pekan ke depan kegiatan pengabdian masyarakat akan dilakukan.

Adapun kegiatan perdana dilakukan pada senin 17/08 lalu, Pukul 09:00 WITA, berlokasi di pondok pesantren Al-quran Sangatta Taqwa Jln. Soekarno Hatta, kelima Mahasiswa yang terdiri dari berbagai program studi ini melaksanakan kegiatan pembersihan menyeluruh pada area luar dan dalam masjid pesantren, dilanjut pada pemasangan batas jarak shaf sesuai anjuran pemerintah terkait pemutusan rantai penyebaran covid-19, hingga finalisasi pada pemasangan poster tata cara beribadah di tempat ibadah umum pada era new normal.

Tak sampai di sana, selang hari selanjutnya Kelompok 33 PMM Universitas Muhammadiyah Malang lantas kembali melaksanakan kegiatan serupa pada selasa 18/08 hingga tuntas pada jumat pagi, 21/08 berlokasi di musholla SMAN 1 Sangatta Utara, Musholla folder Ilham Maulana, dan masjid Al-Huda Gg. Melati, dengan Target 1 hari per 1 mesjid.

Hendra, Selaku Koordinator dari kelompok 33 PMM ini menuturkan, Bahwa dirinya dan keempat anggotanya yaitu dari Zhumar, Gustina, Penta, dan Badriah ini sengaja melaksanakan kegiatan dengan menarget pada area tempat ibadah umum yaitu masjid atau musholla,” Hal ini kita Lakukan Semata-mata untuk memutus rantai Penyebaran covid-19 di masjid, salah satunya dengan pembersihan dan mengingatkan kembali melalui media poster berisi himbauan agar menjaga tata cara Sholat di era pandemi ini” Ujar mahasiswa jurusan manajemen tersebut.

Lebih lanjut Zhumar, Selaku Humas dari Kelompok 33 PMM menuturkan, “Kita tetap akan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, sebagai tugas KKN dari kampus, dikarenakan kondisi pandemi hingga KKN sedikit di modifikasi dengan bentuk PMM, namun kegiatan tetap akan kami laksanakan sembari terus menerapkan protokol kesehatan ketika di luar rumah” Ujar Mahasiswa Psikologi Tingkat akhir tersebut.

Hal tersebut terlihat dari anggota PMM yang kerap kali senantiasa terus menggunakan masker pada saat berkegiatan, serta mengupayakan seminimal mungkin untuk berkumpul dan senantiasa menerapkan social distancing di lokasi kegiatan.

Kegiatan ini lantas pula direspon positif oleh stakeholder dari kelurahan teluk lingga sendiri melalui kepala kelurahan teluk lingga, hingga masyarakat dan jamaah sekitar masjid.

tak sedikit yang lantas menuturkan senang apabila masjid dan musholla nya dijadikan sebagai area kegiatan PMM guna pembersihan dan pemasangan jarak shaf dan penempelan poster. “ Kami senang jika kegiatan pembersihan masjid akan dilakukan di masjid kami, alat-alat kebersihan dan akses air akan kami sediakan guna memfasilitasi adik-adik mahasiswa” Ujar Bapak Ridwan selaku ta’mir masjid Al-Huda, RT. 45, Gg. Melati.

Rencanaya puncak kegiatan PMM sendiri akan dilaksanakan Pekan depan berlokasi di Folder Ilham Maulana dan Pasar Induk sangatta dengan kegiatan berupa pembagian masker dan sosialisasi New Normal pada pengunjung Folder dan Pasar Induk. “Masker sudah kami siapkan dan akan dibagikan serta sosialisasi akan kami laksanakan nantinya di 2 lokasi tersebut sebagai sasaran utama khalayak yang ramai berkumpul.” Ujar Hendra kembali pada awak media. (HK)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *