Peringati Hari Kartini, Yayasan Anugerah Abadi Gelar Lomba Fashion Show

Bengalon, hariankutim.com – Ratusan peserta didik yang terdiri dari PAUD Terpadu dan SD Anugerah Abadi (Yayasan Anugerah Abadi) terlihat antusias dan percaya di atas panggung saat mengikuti Lomba Fashion Show, Sabtu (22/04/2017) dalam rangka memperingati Hari Kartini. Dengan mengenakan berbagai pakaian daerah (Batak, Jawa, Dayak, Timor dan lainnya) mereka berlenggak – lenggok mempraktekkan berbagai gaya di depan dewan juri, wali murid dan peserta didik lainnya.

Menurut Alexander A W, S.Pd, selaku ketua panitia, setiap tahun Yayasan Anugerah Abadi selalu memperingati Hari Kartini dengan mengadakan kegiatan – kegiatan positif. Untuk tahun ini mengadakan Lomba Fashion Show dengan fokus pakaian daerah supaya peserta didik semakin cinta terhadap budaya bangsa sendiri.

“Tujuan diadakan kegiatan ini supaya peserta didik tumbuh rasa percaya diri dan lebih kreatif. Adapun kenapa harus memakai pakaian daerah supaya mereka cinta dan bangga terhadap budaya bangsa sendiri apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, generasi muda mudah terbawa arus globalisasi,” ungkap Alex

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Yohana S, S.Pd, yang bertugas sebagai pembawa acara memberikan gambaran tentang peran Ibu Kartini dalam memperjuangkan hak – hak kaum perempuan pada masanya. Pada waktu itu peran perempuan berkutat hanya pada urusan “belakang”, mereka dibatasi dalam memperoleh pendidikan, pekerjaan dan lain sebagainya.

“Anak – anak Ibu Kartini diberi gelar pahlawan karena jasanya yang begitu besar untuk kaum perempuan. Dulu perempuan tidak memperoleh akses pendidikan dan hanya bekerja mengurusi urusan rumah tangga. Berkat perjuangannya, sekarang kita sebagai perempuan bisa mengenyam pendidikan dengan baik dan dapat bekerja sesuai yang kita inginkan,” paparnya

Dengan diadakan kegiatan ini, kami berharap peserta didik bisa terinspirasi dengan sosok Ibu Kartini. Sehingga lahir Kartini – Kartini baru di era modern ini, sosok yang  tegas, berani, berwawasan luas, percaya diri dalam berpendapat, tidak takut mencoba hal – hal baru dan sebagainya, tutup Alex.

Salah satu peserta lomba dari kelas III, Sera, mengungkapkan kesannya. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat karena bisa mendapat inspirasi dari sosok Ibu Kartini. Ia pun bersyukur atas perjuangan yang dilakukan Ibu Kartini dan menyampaikan niatnya bahwa ia bercita – cita ingin menjadi wanita karir. (Dedik Santosa)

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Opini: PR Emansipasi

Syaiful Imron, Kurtilas Diperlukan Untuk Menciptakan Generasi Kreatif