PMII Keluhkan Pelayanan Informasi Publik di PPID Kutim

  • Whatsapp

HARIANKUTIM.COM, Sangatta- Pelayanan birokrasi pemerintah di Dinas Kominfo Kutai Timur disorot. Keluhan pelayanan tersebut datang dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kutai Timur, ketika berusaha memperoleh Informasi Publik berupa data APBD yang didokumentasikan oleh Dinas tersebut melaui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).(23/01)

PMII menilai bahwa pelayan pada dinas tersebut terkesan tertutup. Mereka diminta untuk mematikan Handphone, terlebih lagi dilarang keras untuk merekam proses pelayanan. Menurutnya pelayanan kantor pemerintahan harusnya terbuka untuk diketahui publik, baik secara lansung maupun tidak.

Bacaan Lainnya

“Kami heran entah ada apa. Saat dilayani, seketika kami dilarang untuk merekam, HP kami harus dimatikan bahkan harus disimpan diatas meja. Padahal kami datang secara resmi dengan tujuan yang baik pada lembaga publik. Informasi yang kami mintapun, adalah Informasi Publik yang dijamin Undang-undang”, demikian tutur Ryan Hidayat selaku Pemohon mewakili PMII.

Saat dikonfirmasi perihal keluhan PMII diatas, Kepala Dinas Kominfo Kutim mengaku belum mengetahui peristiwa tersebut. Namun menurutnya, kalaupun ada permintaan merekam harus melalui persetujuan yang bersangkutan.

“Setau saya merekam boleh, sepanjang ada persetujuan yang bersangkutan”, ujar Suprihanto Kadis Kominfo Kutim melalui pesan seluler.(23/01)

Menurut PMII, aneh jika pelayan publik dikantor pemerintahan tidak boleh direkam, yang berarti cenderung bertentangan dengan semanagat asas keterbukaan yang dianut oleh undang-undang pelayanan publik.

“Seharusnya pelayan dikantor pemerintahan tidak perlu terlalu tertutup, bahkan meminta masyarakat yang membutuhkan pelayanan mematikan HP. Bahkan dalam undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, salah satu asasnya adalah bersifat terbuka”, keluh Irwansyah Sekretaris Umum PMII. (Zk/003)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *