Presiden Joko Widodo Melantik 9 Tokoh Nasional sebagai Pengarah UKP PIP

  • Whatsapp

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 9 (sembilan) tokoh nasional sebagai Pengarah pada Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/6) pagi.

Kesembilan tokoh nasional yang dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia tanggal 31 Mei 2017 Nomor 31M Tahun 2017 itu adalah: Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Tokoh agama Kristen Andreas Annangguru Yewangoe, Tokoh agama Hindu Wisnu Bawa Tenaya, dan Tokoh agama Budha Sudhamek.

Unit kerja ini dikepalai oleh Yudi Latief, seorang cendekiawan muda, yang kita kenal antara lain lewat buku karyanya “Negara Paripurna: Historitas, Rasionalitas, Aktualitas Pancasila”.

Bersamaan dengan pelantikan kesembilan tokoh nasional sebagai Pengarah itu, Presiden Jokowi juga melantik Yudi Latief sebagai Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

Pelantikan pengarah dan kepala UKP PIP itu diawali dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh kelompok musik Paspampres, kemudian pembacaan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia tanggal 31 Mei 2017 Nomor 31M Tahun 2017, tentang pengangkatan Pengarah dan Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila, pengambilan sumpah jabatan dipimpin oleh Presiden, dan kemudian dilanjutkan dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan pemberian selamat kepada Pengarah dan Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila yang telah dilantik oleh seluruh undangan yang hadir.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Setya Novanto, Ketua DPD RI Oesman Sapta, Ketua MA M. Hatta Ali, Ketua MK Arief Hidayat, Menko Polhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. (Nala)

Source Setkab

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *